Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bertemu Presiden Lithuania, Jokowi Singgung Kampanye Hitam Produk Sawit Indonesia

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Kamis, 18 Mei 2017 | 04:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id JAKARTA РPresiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan bersejarah Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Rabu (17/5). Kedatangan Dalia disambut dengan upacara kenegaraan.

“Ini adalah kunjungan yang bersejarah untuk pertama kalinya Presiden Lithuania ke Indonesia. Dan juga untuk pertama kali pertemuan kerja Indonesia dengan Presiden Lihtuania sejak dijalinnya hubungan diplomatik 24 tahun yang lalu,” ujar Jokowi dalam pernyataan persnya.

BACA  Materai Baru Rp 10.000 Sah Digunakan untuk Dokumen Elektronik

Karena itu, Jokowi memanfaatkan momentum bersejarah tersebut untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral kedua Negara.

“Yang tadi kami bahas dalam bilateral meeting, pertama kerja sama di bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah, dan juga gas,” ungkap mantan wali kota Surakarta.

BACA  Bantu UMKM Kopi Pinogu, Wujud Komitmen PLN dalam Pembangunan

Kemudian, kerja sama di bidang informasi teknologi (IT) baik di bidang transportasi darat maupun udara dan berbagai bidang lainnya.

“Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi,” tukas dia.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan perhatiannya terhadap kampanye hitam dan tindakan diskriminatif pada produk sawit Indnonesia di Eropa.

BACA  Sah! Berikut Asumsi Dasar Ekonomi Makro 2021

“Tadi saya juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diperlakukan secara fair,” tambah mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam pertemuan ini, Jokowi dan Dalia menyaksikan penandatanganan dua kesepakatan kerja sama di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi, serta di bidang transportasi.(hg/fat/jpnn)


Komentar