Selasa, 15 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bertugas Kembali Hari Ini, Wabup : Cabut Segel Kantor Desa Lombongo

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Metropolis , pada Senin, 9 April 2018 | 14:50 WITA Tag: ,
  


GORONTALO,Hargo.co.id – Lumpuhnya pelayanan terhadap masyarakat akibat aksi penyegelan kantor Desa Lombongo beberapa waktu lalu membuat Wakil Bupati Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone geram. Bahkan, orang nomor dua di daerah berjuluk kota pendidikan itu langsung mengambil langkah cepat dengan mempertemukan antara masyarakat Lombongo, aparat pemerintah desa, aparat kepolisian, pihak terkait termasuk Kepala Desa Lombongo Dzulkifli Abdullah (30).

Dalam pertemuan yang berlangsung di kediaman Wabup Kilat Wartabone Sabtu (7/4) sekira pukul 09.00 wita hingga pukul 12.00 wita itu berlangsung aman dan terkendali.

BACA  Orang Tua Murid Tikam Kepala Sekolah Hingga Meninggal, Guru-guru Alami Trauma

Wabup Mohamad Kilat Wartabone saat diwawancarai Gorontalo Post usai pertemuan mengatakan, dirinya merasa bersyukur dalam pertemuan itu sudah ada titik temu dan solusi atau penyelesaian masalah atas konflik antara Kepala Desa Lombongo Dzulkifli Abdullah dan wargannya.

“Alhamdulillah saya senang masalah lombongo sudah ada titik terang dan saat ini situasinya sudah kondusif,”kata Wabup Kilat Wartabone. Awalnya Wabup geram ketika mendapat informasi adanya penyegelan kantor desa yang berbuntut lumpuhnya pelayanan di kantor desa sehingga merugikan sebagian besar masyarakat.

BACA  Dreambox, Tempat Nongkrong Kekinian Berkonsep Mengenang Impian

Namun, dengan dengan adanya satu gerakan masyarakat yang mendesak agar palayanan di kantor desa Lombongo segera dilakukan dan meminta kades segera masuk kantor lagi. Maka dirinnya kata Wabup Kilat Wartabone segera memediasi hal itu.

“Jadi sudah ada rapat antara pihak kepala desa, BPD dan masyarakat. Semua langkah-langkah akan dilaksanakan, kesepakatan pertama bahwa segera dicabut kembali segel kantor desa tersebut, targetnya kades harus segera masuk kantor melayani masyarakat Senin (9/4) hari ini sesuai aturan yang ada,”jelas Kilat Wartabone.

BACA  Hujan Deras Guyur Kota Gorontalo, Sejumlah Jalan Tergenang Air

Kesepakatan kedua  bahwa proses terhadap Kades akan dilanjutkan sesuai dengan ketentuan yang ada di BPD. Hal ini sebagaimana diatur dalam  Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Terkait.

Terkait masih adanya penolakan terhadap warga, sudah disepakati mereka sudah akan menerima kembali kades untuk bertugas kembali. Turut hadir dalam pertemuan itu diantarannya Asisten 1 Setda Bone Bolango, Taufik sidiki, Camat Suwawa Tengah Ramlan Adam, pihak kepolisian Polres Bone Bolango, BPD dan sejumlah tokoh di Lomboto dan warga. (roy/hg)


Komentar