Senin, 23 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Besok Aliansi BEM SI Gelar Demo Tolak UU Cipta Kerja

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 20 Oktober 2020 | 00:05 WITA Tag: ,
  Massa yang tergabung dalam BEM SI berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (16/10). Foto: Ricardo


Hargo.co.id, JAKARTA – Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar unjuk rasa menolak pengesahan Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja pada Selasa (20/10) besok.

Seperti yang dilansir JPNN.com, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan, pihaknya siap mengawal dan mengamankan aksi demonstrasi tersebut.

Namun, Polda Metro Jaya belum memastikan berapa jumlah massa yang hadir dalam aksi unjuk rasa itu.

“Kami belum bisa memastikan berapa jumlah massa yang melakukan aksi besok. Namun, kami siap mengamankan aspirasi dari masyarakat tersebut,” ungkap Nana Sudjana saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (19/10).

BACA  Diduga Hina NU, Gus Nur Ditetapkan Sebagai Tersangka

Nana berharap aksi berjalan dengan damai.

Oleh karena itu pihaknya akan mengawal asalkan mengikuti aturan sesuai Undang-undang nomor 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di muka umum.

Adapun, alasan pihaknya tidak mengeluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) lantaran hingga saat ini Jakarta masih berstatus zona merah kasus Covid-19.

BACA  Seorang Pasien Covid-19 Janjikan Tanah Warisan, Perawat Cantik Ini Tertawa

“Saya harapkan pedemo mengikuti aturan ini. Terkait demo, kami sudah melakukan upaya-upaya terkait banyaknya pelajar ikut aksi,” kata Nana.

Selain itu, Nana menyampaikan aspirasi tidak selalu harus turun ke jalan, masih banyak cara lain untuk menyampaikan pendapat.

Menurutnya, lebih baik mediasi dengan beberapa perwakilan.

Hal ini dilakukan agar dapat mencegah penularan kasus Covid-19 lebih luas lagi.

Sebab, hasil dari tes usap demonstran yang diamankan pada tanggal 8 Oktober 2020 lalu sebanyak sepuluh orang dinyatakan positif.

BACA  Terkait Protokol Kesehatan, Doni Monardo Ingatkan Seluruh Kepala Daerah

“Jadi tingkat kerawanan Covid-19 masih tinggi di Jakarta, makanya kami berharap kepada masyarakat yang akan melaksanakan demo jangan sampai karena demo, tertulari atau terpapar Covid-19,” pungkas Nana. (mcr3/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Besok BEM SI Gelar Demo Tolak UU Cipta Kerja, Awas, Ada Covid-19!“. Pada Edisi Senin, 19 Oktober 2020.

Komentar