Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bhabinkamtibmas Jadi Pelopor Toleransi Beragama 

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Pohuwato , pada Rabu, 24 Oktober 2018 | 04:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Tak hanya sekedar mengajak dan menghimbau masyarakat untuk menjaga toleransi antar umat beragama, akan tetapi anggota Bhabinkamtibmas yang ada di wilayah Polres Pohuwato turut memberkan contoh seperti apa toleransi antar umat beragama tersebut.

Pantauan Gorontalo Post, saat warga muslim melaksanakan ibadah di mesjid, anggota Bhabinkamtibmas non muslim turut melakukan pengamanan.

Begitu pula sebaliknya, ketika ada umat Kristiani melaksanakan ibadah di gereja, anggota Bhabinkamtibmas beragama Islam melakukan pengamanan. Hal itulah yang senantiasa dicontohkan oleh aparat kepolisian terhadap masyarakat.

Kapolres Pohuwato, AKBP Dafcoriza kepada Gorontalo Post menjelaskan, setiap pelaksanaan ibadah yang dilaksanakan oleh umat Kristiani, Hindu, Budha bahkan Islam sendiri, selalu dijaga oleh anggota Bhabinkamtibmas dari latar agama yang berbeda-beda. Hal tersebut tidak lain sebagai contoh hidup bertoleransi antar umat beragama.

“Beda agama bukan berarti harus membuat kita saling bertikai. Sebaliknya, kita harus menjaga hubungan baik meski itu berbeda agama. Sebagaimana negara kita yakni menjunjung tinggi semboyan NKRI yakni Bhineka Tunggal Ika,” jelas alumnus Akpol 1998 ini.

Olehnya, pihaknya sangat berharap agar seluruh elemen masyarakat jangan sampai terpecah belah hanya karena ada hasutan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebaliknya, Kapolres mengajak masyarakat untuk menjaga agar Pohuwato tetap aman dan kondusif.

“Mari kita perangi yang namanya paham radikalisme dan isu SARA, karena hal itu bisa membuat kita terpecah belah,” harapnya.(kif/hg)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar