Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BI Akan Perluas Peredaran Uang hingga ke Desa

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Selasa, 7 Maret 2017 | 10:39 Tag: ,
  

GORONTALO -hargo.co.id- Bagi warga masyarakat yang ada di kecamatan, kelurahan dan perdesaan yang belum sepenuhnya tersentuh layanan perbankan, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan program BI Jangkau yang diharapkan dapat melayani masyarakat yang berada di pelosok.

“Jadi, program BI Jangkau ini dikhususkan di kecamatan-kecamatan, kelurahan dan desa yang belum tersentuh perbankan dan belum terlayani kasnya dengan baik.Olehnya, dengan program BI Jangkau ini, peranan perbankan di daerah semakin membaik,” ungkap Deputi Direktur BI perwakilan Gorontalo, Suryono, belum lama ini.

Dikatakan Suryono, melalui program BI Jangkau ini, pihaknya akan bekerja sama dengan perbankan yang ada di daerah untuk menyalurkan kebutuhan akan uang, seperti penukaran uang lusuh dan yang tidak layak edar.

“Jadi nanti BI akan bekerja sama dengan mereka, kemudian ada semacam perjanjian seperti kas titipan, kemudian mereka (unit perbankan di pelosok) yang akan bergerak.Mereka ‘kan punya jaringan yang luas, sedangkan SDM kita terbatas.

Saya kira pasti akan ada bantuan dari BI pusat untuk mereka,” ucap Suryono.Jika program BI Jangkau ini berhasil, bukan tidak mungkin BI juga akan bekerja sama dengan lembaga non bank, seperti koperasi, “Itu sangat memungkinkan akan menjadi langkah berikutnya.

Tapi kami fokus bank dulu,” katanya. Kedepan, jika kantor BI perwakilan Gorontalo sudah berdiri dan mempunyai cadangan uang yang banyak, pihaknya tentu akan semakin gencar mengedarkan uang di masyarakat yang jauh dari kota melalui kas keliling. “Insya Allah, Mei 2018 sudah berdiri,” pungkasnya.(axl/hg)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar