Kamis, 15 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BI All Out Kembangkan Kerajinan Eceng Gondok

Oleh Fajriansyach , dalam Ekonomi Gorontalo , pada Sabtu, 23 Desember 2017 | 12:14 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id Gorontalo – Setelah kerajinan sulaman karawo yang kini mendunia, Bank Indonesia (BI) berkomitmen penuh menjadikan kerajinan berbahan dasar eceng gondok menjadi lebih berkelas seperti karawo. “Kita all out akan jadikan kerajinan eceng gondok untuk dikembangkan menjadi komoditas unggulan, sama seperti karawo.

Kita sudah dilaporkan di Jakarta (kantor BI Pusat) ini yang menjadi komoditas unggulan kita yang selanjutnya,” ungkap Kepala BI Perwakilan Gorontalo, Suryono, disela-sela pelatihan kelompok pengrajin eceng gondok di kantor BI, Kamis (21/12).

BACA  Gubernur Gorontalo Jamu Bupati Mitra dengan Offroad

Saat ini, BI telah melakukan pendampingan kepada dua kelompok kerajinan eceng gondok. Oleh BI, mereka akan didampingi baik dari segi keterampilannya, peralatannya, anggarannya hingga pemasarannya, “Hari ini (kemarin,red) kita sudah datangkan ahli dari Jawa Tengah. Dua hari beliau disini memberikan ilmunya, pengalamannya supaya pengrajin disini bisa lebih bagus lagi produksinya,” terang Suryono.

BACA  Pemprov Gorontalo Dukung Peningkatan Balai Pemasyarakatan Kelas II Menjadi Kelas I

Kerajinan eceng gondok, kata Suryono, sejatinya memiliki potensi yang sangat besar dimana sangat diminati oleh Amerika Serikat dan Eropa. “Tapi itu ada syaratnya, dimana harus melihat kualitasnya, keberlangsungan produksinya, jangan sampai mereka pesan banyak kita tidak mampu.

Nah, ini kesempatan emas bagi Gorontalo untuk memberikan warna, meramaikan produk handmade agar tidak kalah dengan yang ada di Jawa,” kata Suryono.

Dari kerajinan eceng gondok asal Gorontalo sendiri, Suryono berharap kedepan agar menjadi lebih baik lagi dimana masih banyak yang harus dibenahi, termasuk keragaman produknya, “Produk itu sentuhan menentukan, halus tidaknya, kekinian. Misalnya, selain topi, ada sandal jaman now dan harus halus dan seksi.

BACA  Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Gorontalo Resmi Diluncurkan

Jadi, ketika konsumen melihatnya langsung jatuh hati,” tandasnya. Intinya, setelah karawo, BI berkomitmen memajukan kerajinan eceng gondok agar memberikan kontribusi terhadap derajat perekonomian masyarakat. (axl/hg)


Komentar