Senin, 14 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BI Siapkan Rp 15,1 Triliun Uang Baru

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Kamis, 24 Mei 2018 | 13:09 WITA Tag: , ,
  


Hargo.co.id, SURABAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur menyiapkan uang baru sebesar Rp 15,1 triliun untuk memenuhi permintaan masyarakat dalam penukaran uang saat Lebaran.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim Yudi Harymukti mengatakan, jumlah tersebut lebih besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 13,1 triliun. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan minat masyarakat untuk menukarkan uang baru pada tahun ini tergolong sangat tinggi.

BACA  Nikmati Promo Swimming Pool Deals di Aston Gorontalo & Villas Sampai 15 Juni 2021

Selain itu, hari libur Lebaran yang semakin bertambah membuat kebutuhan uang baru pun juga meningkat. “Menurut saya itu juga memberikan pengaruh kenapa minat uang baru ini semakin meningkat,” terang Yudi, Rabu (23/5).

BACA  Terus Menguat, Rupiah Berpeluang ke Level 14.200 Hari Ini

Yudi menjelaskan, terkait mekanisme penukaran uang baru ini, Bank Indonesia memberlakukan pembatasan dengan menerapkan sistem paket senilai Rp 3,7 juta per orang. Jumlah tersebut, terdiri dari pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000.

Selain itu, BI mewajibkan masyarakat atau penukar menyertakan KTP maupun identitas diri lainnya. Menurut dia, identitas tersebut difungsikan sebagai pencatatan agar masyarakat tidak melakukan penukaran lebih dari sekali.

BACA  Pasca Lebaran, Harga Ayam Pedaging Mulai Turun 

“Penukarannya maksimal Rp 3,7 juta per orang. Jadi setiap orang hanya boleh tukar sekali dengan jumlah maksimal tersebut,” tegas Yudi. (cin/rud/hg)


Komentar