Rabu, 20 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bidik Anak Muda, Sales Agya Meroket

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Minggu, 21 Mei 2017 | 11:30 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id – Animo masyarakat terhadap kendaraan mungil besutan Toyota Astra Motor, New Agya, cukup tinggi. Hanya dalam waktu 38 hari, total surat pemesanan kendaraan (SPK) yang berhasil diraih low cost green car (LCGC) itu mencapai 5 ribu unit.

Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan, animo terhadap New Agya tinggi lantaran kendaraan mungil itu sesuai dengan ekspektasi pembeli. ’’Ini memang melebihi target. Tetapi, secara produksi kami masih bisa memenuhi,’’ paparnya setelah test drive New Agya di Surabaya kemarin (19/5).

Henry mengakui, TAM hanya menargetkan penjualan New Agya mencapai 3 ribu unit per bulan. Adapun kapasitas produksi New Agya berada di angka 4 ribu unit per bulan.

Kontribusi terbesar penjualan New Agya berasal dari Jawa Barat, yakni 20 persen, kemudian diikuti Jawa Timur 11,9 persen. Berikutnya adalah Jawa Tengah dan DKI Jakarta masing-masing 6 persen. Untuk lebih memacu animo pasar, TAM menyelenggarakan test drive New Agya di sejumlah daerah basis penjualan mobil kota tersebut.

’’Penjualan New Agya ditopang mesin berkapasitas 1.200 cc sebanyak 96 persen,’’ tutur Henry. Angka itu lebih tinggi dibandingkan ekspektasi TAM di angka 92 persen penjualan berasal dari varian 1.200 cc.

Product Knowledge TAM Tommy Hermansyah mengatakan, generasi pertama Agya membidik segmen new family. Nyatanya, New Agya justru digemari pembeli single yang berusia di bawah http://warta.jawapos.com/news/create30 tahun. Untuk menyesuaikan pasar, Toyota melengkapinya dengan warna terang, terutama putih, kuning, dan merah.

Di Jatim New Agya telah mencatatkan SPK 450 unit per bulan. Angka tersebut melebihi target penjualan di 300–350 unit per bulan. Pencapaian itu membuat New Agya menjadi pemimpin pasar LCGC di Jatim.

Toyota New Agya dan Daihatsu New Ayla, tampaknya, memang mampu mengukuhkan dominasi Astra di segmen LCGC. Pada periode Januari–April, duet Agya-Ayla serta Calya-Sigra menjadikan dominasi Astra tidak tertandingi dengan pangsa pasar 79 persen.

Total penjualan LCGC Astra pada periode tersebut mencapai 66.418 unit. Total pasar LCGC di periode empat bulan itu mencapai 84.087 unit. (hg/vir/c15/noe)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar