Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bila Tak Dapat Distribusi Air, 41 KK di Suwawa Konsumsi Air Sungai

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Sabtu, 17 September 2016 | 10:29 WITA Tag: ,
  


Untuk itu cara terakhir yang dilakukan pemerintah adalah dengan memasang pomba air PLTS. Dengan PLTS itu masyarakat bisa antrian untuk mengambil air. Berikut menggerakkan PDAM untuk membantu distribusi air. Hanya saja, hal itu belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan warga sehari-hari.

“Kedepan kita berencana membangun bak penampung air. Dengan begitu air yang berasal dari PDAM serta dari PLTS bisa tertampung di bak tersebut,” ujarnya. Achril mengungkapkan pula, jika musim kemarau warga sekitar terpaksa mengkonsumsi air sungai.

BACA  Polres Bone Bolango Tindak Tegas Pelaku Balap Liar

Terpisah, Kepala PDAM Kabupaten Bonbol Ariston mengaku berupaya keras untuk mendistribusikan air kepada warga di Desa Bulodawa dan Helumo yang dilanda krisis air itu. Hanya saja, PDAM memiliki sejumlah kendala. Selain kawasannya yang berada di dataran tinggi, kendala lainnya berkaitan dengan debit air di Kabupaten Bonbol.

BACA  Jika Terjadi Kerumunan, Kapolres: Siap-siap Dibubarkan 

Menurutnya saat ini sudah menurun. “Karena itu penggunaan air PDAM ke Desa Boludawa dan Helumo itu tidak bisa maksimal,” jelasnya.
Kedepan ini kata Ariston ia akan mencoba untuk memasangkan boster PDAM yang berfungsi sebagai alat penyedot air untuk mengalirkan air PDAM yang berasal dari Lombongo ke desa setempat. “Insya Allah secepatnya akan segera kita laksanakan,” tandasnya.

BACA  Jelang Tradisi Tumbilotohe, Penjual Lampu Botol Mulai Ramai

Sementara itu sejumlah warga yang sempat di wawancarai mengaku jika distribusi air PDAM kurang dan PLTS lambat, mereka terpaksa turun dan mencari air di Sungai Bone untuk konsumsi. (tr-48/hargo)

Laman: 1 2


Komentar