Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Biluhu Timur, Primadona di Pesisir Teluk Tomini  

Oleh Veronika Y. Ruung , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 7 Juli 2020 | 15:05 WITA Tag: , ,
  Salah satu keindahan yang disuguhkan di Pantau Biluhu Timur, yakni sunset. (Foto; Istimewa/Syarif Hidayat untuk HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Letak geografis Kabupaten Gorontalo menjadikan daerah ini banyak menyuguhkan destinasi wisata. Bukan hanya dana, gunung serta cagar budaya. Kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo ini, juga menyuguhkan wisata laut.

Salah satunya yakni Pantai Karang Putih, yang terletak di Desa Biluhu Timur, Kecamatan Batudaa Pantai. Menyuguhkan berbagai keindahan pesisir pantai dan karang bawah laut, menjadi Biluhu Timur salah satu primadona di Pesisir Teluk Tomini.

Ini lantas memantik reaksi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo untuk menjajal keindahan di destinasi wisata tersebut. Ahad (05/07/2020), Nelson Pomalingo bersama rombongan menuju lokasi dengan mengendarai sepeda motor.

BACA  Hadapi Bencana, Ini Anjuran Wagub Gorontalo

Perlu dicatat bahwa ketika hendak ke Biluhu Timur, ada dua akses yakni melewati Desa Barakati, Kabupaten Gorontalo atau lewat di Kelurahan Tanjung Kramat, Kota Gorontalo.

Jika lewat Desa Barakati, waktu yang digunakan dari Kota Gorontalo selama 1 jam. Sebelum tiba di lokasi, pengunjung disuguhkan pemandangan hutan karena melintasi gunung. Minusnya, tak ada kendaraan umum, sehingga ketika seseorang ingin lewat Desa Barakati, maka harus gunakan kendaraan pribadi atau sewa.

Sementara kalau ingin lewat Kelurahan Tanjung Kramat, waktu yang digunakan selama 45 menit. Ada kendaraan umum dari Kota Gorontalo, namun hanya sampai di Desa Kayu Bulan, Batudaa Pantai. Selanjutnya, menggunakan kendaraan yang ada di desa tersebut.

BACA  Gubernur Ajak Seluruh Kepala Daerah Gelar Doa Keselamatan Negeri
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo ketima menimati pemandangan bawah laut di Pantai Biluhu Timur, Ahad (05/07/2020). (Foto Istimewa)
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo ketika menikmati pemandangan bawah laut di Pantai Biluhu Timur, Ahad (05/07/2020). (Foto Istimewa)

Saat Nelson Pomalingo ke Biluhu Timur, rombongannya melewati Desa Barakati, dan memakan waktu yang sedikit lama dari biasanya. Keindahan dalam laut yang belum tersentuh dengan tangan-tangan nakal manusia, memiliki daya tarik bagi para penyelam tersendiri.

“Seperti kata beberapa penyelam, menyampaikan keindahan pantai serta di dalam lautnya, nampak begitu berbeda mulai dari karangnya hingga adanya lumba-lumba. Maka ini perlu kita jaga dengan baik dan perlu dikembangkan lagi,” tutur Nelson Pomalingo.

Dirinya lantas meminta aparat desa dan kecamatan bersama Dinas Pariwisata untuk menunjang program-program terkait wisata pantai ini dengan baik.

BACA  Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Jadi Tema Lomba HUT Proklamasi

“Sehingga kawasan ini menjadi bagian destinasi yang terbaik khususnya di Provinsi Gorontalo,” harap Nelson Pomalingo.

Syarif Hidayat, salah seorang pengunjung asal Manado, Sulawesi Utara mengaku betah ketika datang ke Biluhu Timur. Maklum, berbagai panorama dapat dinikmati di lokasi ini, menjadi salah satu alasan kenapa harus kembali ke Biluhu Timur.

“Saya masih akan kembali bersama keluarga, dan akan mengajak teman yang belum pernah ke Biluhu Timur,” katanya.

Lalu apa yang perlu dibenahi? Menurut Syarif Hidayat, sudah bagus dan tinggal dipromosikan. (vyr/hg)


Komentar