Rabu, 7 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Boalemo Bertekad Tingkatkan Sistem Akuntabilitas

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Boalemo , pada Rabu, 24 Februari 2021 | 11:05 WITA Tag: , , ,
  Plt. Bupati Boalemo, Anas Jusuf saat membuka Coachhing Clinic SAKIP, Selasa (23/02/2021) di Hotel Aston, Gorontalo. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah daerah Boalemo, hingga saat ini bertekad untuk meningkatkan system akuntabilitas kinerja. Hal ini pun yang disampaikan Plt Bupati Boalemo, Ir. Anas Jusuf, M.Si saat membuka Coaching Clinik SAKIP dan Penguatan Reformasi Birokrasi di Boalemo, yang digelar di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Selasa (23/02/2021).

Dikatakan orang nomor satu di Boalemo ini, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Boalemo pada 2019 lalu, sudah mencapai nilai B atau nilai 61,86. Namun dengan nilai tersebut, pihaknya akan tetap bertekad untuk meningkatkan sistem akuntabilitas ini.

BACA  Kaum Disabilitas di Gorontalo Dapat Perhatian Khusus dari Pemerintah

“Apalagi dengan adanya sistem penyusunan anggaran SIPD. Tentunya hal ini lebih memperkuat lagi seluruh program-program yang berbasis kinerja dan berbasis anggaran,” ungkapnya.

Lanjut kata Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), memang tidak semua program-program yang merupakan prioritas, yang akan didukung dengan anggaran.

“Dengan adanya sistem akuntabilitas ini pula, maka seluruh program yang menjadi prioritas, ini harus masuk pada program perencanaan yang akan kita bahas secara bersama-sama,” ujarnya.

BACA  Temui Dirjen Pangan, Suharsi Kawal Usulan Benih Jagung

Selain itu Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf menyampaikan, rekomondasi tim evaluator Kemenpan RB tentang SAKIP Boalemo tahun anggaran 2019 yang lalu, ada beberapa point yang disampaikan diantaranya perangkat daerah harus menyusun langkah‐langkah perbaikan dalam rangka peningkatan SAKIP, begitu pula dengan reformasi Birokrasi Boalemo. Jadi lebih meningkatkan kualitas penerapan serta mampu menumbuhkan budaya kerja dan memperkuat integritas pegawai. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan, karena kemampuan manejerial para pejabat Boalemo. Strategi inilah yang akan menentukan kinerja perangkat daerah ke depan, apakah baik atau sebaliknya.

BACA  TP2DD Gorontalo Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Wagub

“Kinerja perangkat daerah otomatis menentukan kinerja Pemerintahan Boalemo secara keseluruhan. Oleh karena itu, diharapkan kepada peserta, agar dapat mengikuti kegiatan coaching clinik SAKIP dan Penguatan Reformasi Birokrasi dengan serius, dan pahami dengan baik apa yang akan di berikan pemateri nanti,” harapnya.

Kegiatan itu pula turut dihadiri oleh Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, para asisten, pimpinan OPD dan para camat se Boalemo. (kif/adv/hargo)


Komentar