Senin, 18 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bola Resmi Piala Dunia 2018 Dipasok Produsen asal Indonesia 

Oleh Fajriansyach , dalam Headline Sportivo , pada Kamis, 12 Juli 2018 | 23:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Selain trofi atau piala. Bola menjadi faktor paling mendasar dari permainan sepak bola. Menariknya, di setiap pagelaran Piala Dunia, nama bola yang digunakan memiliki nama sendiri. Khusus Piala 2018, bola yang digunakan diberi nama Telstar 18.

Sejak kali pertama digelar pada 1930. Bola yang digunakan pada turnamen sepak bola Piala Dunia terus mengalami perkembangan. Memang awalnya tak ada bola resmi yang dikeluarkan FIFA selaku otoritas sepakbola dunia.

BACA  Presiden Reshuffle Kabinet, Ada Nama Sandiaga Uno

Pada piala dunia perdana, bola yang digunakan dibuat dari kulit dan dijahit dengan tangan. Pada saat itu Argentina dan Urugay mengeluarkan dua jenis bola. Bola Argentina diberi nama Tiento. Sedangkan bola Urugay disebut T-Model.

Seiring bergulirnya pagelaran Piala Dunia, bola dan bahan pembuatannya ikut mengalami perkembangan. Dari sebelumnya kulit menjadi bahan sintetis. Hingga pada 1970, bola resmi untuk Piala Dunia diluncurkan.

Perusahan perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas mendapat mandat dari FIFA untuk membuat bola Piala Dunia. Menandai lahirnya bola resmi, Adidas memberi nama bola buatannya Telstar. Bola buatan Adidas ini juga menjadi revolusi bola untuk sepakbola secara global. Yakni warna yang digunakan berupa perpaduan hitam putih. Sehingga pewarnaan itu membuat alur bola bisa disaksikan jauh lebih baik pada tayangan layar kaca.

BACA  Sah, Putra Gorontalo Terpilih Jadi Ketua Umum PPP Periode 2021-2026

Sejak 1970 hingga saat ini, Adidas menjadi pemasok resmi bola Piala Dunia. Penamaan bola yang digunakan disesuaikan dengan karakter ataupun kearifan lokal negara penyelenggara piala dunia. Di Argentina 1978, misalnya. Adidas menamakan bola piala dunia ‘Tanggo’.

BACA  Perahu Nelayan Dihantam Ombak di Gorontalo, Seorang Dalam Pencarian

Khusus untuk Piala Dunia 2018, bola yang digunakan diberi nama Telstar-18. Bola yang dirilis November 2017 itu merupakan reinkarnasi bola pertama Adidas yang digunakan pada Piala Dunia 1970. Telstar 18 hanya memiliki enam panel tetapi seluruhnya disusun dalam bentuk yang gres dan memberi efek visual lebih seperti bola 32 panel pada edisi 1970.

Laman: 1 2


Komentar