Direktur Polairud Polda Gorontalo, Kombes Pol Saiful Alam S.H S.I.K M.H, (tengah) bersama jajarannya saat menggelar Press Conference pengungkapan kasus bom ikan. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Bom Ikan, Empat Warga Torosiaje Terancam 5 Tahun Penjara

Metropolis

Hargo.co.id, GORONTALO – Gara – gara melakukan dugaan tindak pidana bom ikan, 4 orang warga Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, terancam akan terjerat Undang Undang Darurat, Nomor 12, Tahun 1951, dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun dan denda sebesar 100 juta rupiah.

Adalah EK, OP, JA dan R, yang sebelumnya diamankan anggota Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Gorontalo, pada Sabtu (12/11/2022), saat sedang melakukan aksi pengeboman ikan di wilayah perairan Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo.

banner 728x485

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Polairud Polda Gorontalo, Kombes Pol Saiful Alam S.H S.I.K M.H, dalam gelaran Press Conference yang berlangsung di depan Mako Polairud pada Senin (05/12/2022).

Dir Polairud menjelaskan, pengungkapan kasus ini berkat adanya informasi dari warga masyarakat, serta unsur terkait lainnya yang sebelumnya telah membangun komunikasi yang baik dengan pihak Polairud.

“Jadi  disitu mereka membom ikan. Orang – orang ini adalah warga Torosiaje, Pohuwato. Dari mereka yang kita amankan ini, salah satunya sudah pernah terjerat kasus yang sama. Sekarang mengulang lagi,” jelas Kombes Pol Saiful Alam S.H S.I.K M.H.

Dir Polairud juga menambahkan, dari pengungkapan kasus bom ikan kali ini, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti, 15 kg ikan hasil bom, 1 unit perahu, 1 unit kompresor, serta sejumlah bahan yang digunakan untuk membuat bom ikan.

Melalui kesempatan ini Dir Polairud Polda Gorontalo menyampaikan, tidak henti hentinya memberikan himbauan kepada warga masyarakat khususnya nelayan, untuk tidak melakukan aktifitas melanggar hukum seperti pengeboman ikan, khususnya di wilayah perairan Gorontalo, guna menjaga kelestarian laut.(*)

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *