Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bone Bolango Bertekad Raih LAKIP BB 2017

Oleh Aslan , dalam Gorontalo , pada Selasa, 15 Agustus 2017 | 09:49 WITA Tag: , ,
  


BONE BOLANGO Hargo.co.id – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bertekad untuk bisa meraih nilai BB dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) pada tahun 2017.

Hal ini diutarakan Bupati Bone Bolango Hamim Pou dihadapan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada apel kerja yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pramuka ke-56 tahun 2017 tingkat Kabupaten Bone Bolango, bertempat di lapangan futsal kompleks kantor Bupati, Senin (14/8).

Karena itu, lanjut Bupati Hamim Pou, ada 16 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama para Kasubag Perencanaannya telah diikutkan pada coaching clinic untuk penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di KementerianPAN-RB, baru-baru ini.“Untuk mencapai penilaian LAKIP ini, tentu semua harus kerja kolektif. Semua OPD harus kompak. Karena penilaian LAKIP ini akumulasi di hitung total,”ujar Bupati.

BACA  Ini Alasan Gaji 13 Empat Daerah di Gorontalo Ditunda

Menurut Bupati kenapa LAKIP ini penting, karena salah satu manfaat dari LAKIP yang baik adalah pemerintah daerah akan menerima dampak efisiensi yang luar biasa, kesesuaian RPJMD sampai pada keluarannya atau outcome.”Makin rapi sistem perencanaan dan keluarannya, maka pemanfaatan uang APBD itu makin efektif dan efisien atau makin terarah,”tutur Bupati.

BACA  Serapan APBD Pemprov Gorontalo Bulan Mei Lampaui Target, Ini Harapan Sekdaprov

Oleh karena itu, Bupati Hamim Pou meminta kepada para Kasubag Perencanaan di setiap OPD, untuk tidak boleh lagi buat program kegiatan hanya tahu uangnya, tapi dampaknya tidak dihitung.”Setiap anggaran yang ada di setiap OPD harus ada dampaknya,”tegasnya.

Bupati mengingatkan bahwa SAKIP maupun LAKIP serius untuk Bone Bolango, termasuk menjadi performance (kinerja) ketika pemerintah pusat memberikan maupun mengirim dana ke pemerintah daerah.”Kita harus bertekad untuk bisa meraih SAKIP Bone Bolango tahun ini harus bisa mencapai nilai BB,”tukas Bupati Hamim Pou.

BACA  Idris Rahim Bongkar Tips Harmonis Memimpin Gorontalo Bersama Rusli Habibie

Bupati pun meminta kepada 16 OPD yang sudah mengikuti coaching clinic penguatan SAKIP di KemenPAN-RB, agar menularkan virus-virus kemampuan dan keterampilan penyusunan LAKIP dengan baik kepada OPD lainnya.

“Jadi tidak hanya 16 OPD, tapi semua OPD harus bisa mengetahui dan menyusun LAKIP-nya dengan baik,”pungkasnya. (14/8) (tr-54/hg)


Komentar