Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bone Bolango Destinasi Wisata Gorontalo

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Senin, 8 Mei 2017 | 09:21 WITA Tag: ,
  


BONE BOLANGO, hargo.co.id – Kabupaten Bone Bolango merupakan destinasi atau tujuan lokasi wisata di Provinsi Gorontalo. Pasalnya, di Bone Bolango memiliki bayak potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam.

Adapun wisata populer di Bone Bolango yakni, Taman Laut Olele. Obyek wisata yang terletak di Desa Oluhuta Kecamatan Kabila Bone itu hanya berjarak + 20 km dari pusat Kota Gorontalo atau ibukota Provinsi Gorontalo.

Di Taman laut Olele ini terdapat Goa Jin, beragam ikan hias dan biota lainnya serta terumbu karang yang indah. Obyek Wisata Air Panas Lombongo yang terletak di Desa Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah. Obyek wisata berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ini menawarkan fasilitas utama bak air panas, kolam renang yang diisi dengan air panas yang bersumber dari Gunung Tilongkabila.

BACA  Idah Syahidah Sebut Tradisi Tumbilotohe Tetap Indah Meski Tak Dilombakan

Masyarakat setempat, meyakini air panas yang ada di bak Lombogo memberikan bermacam khasiat menyembuhkan berbagai penyakit bagi orang yang mandi di kolam tersebut.

Air Terjun Permai Taludaa terletak di Desa Taludaa Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango kurang lebih 65 Km dari Pusat Kota Gorontalo. Air terjun mempunyai ketinggian 42 m dan bentangan 15 m tersebut terdapat dalam kawasan hutan agrowisata seperti pohon durian, langsat, nangka dan pepohonan yang rindang dengan air yang bersih dan jernih. Pesona keindahan pantai Pinomontiga terletak di Kecamatan Bulawa memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Whale Shark atau hiu paus terletak di Desa Botu barani Kecamatan Kabila Bone. Hiu Paus merupakan salah satu objek wisata unggulan hingga saat ini. Bone Bolango juga memiliki Pantai Botutonuo yakni kawasan pantai yang punya atraksi wisata antara lain bermain di air laut, berenang, olah raga pantai. Danau Perintis, berupa kawasan danau yang memukau.

BACA  Berbagi Berkah, Idah Syahidah Sambangi ODHA di Gorontalo

Ada juga pantai Molutabu berupa bentangan pantai dengan karang putih , pemandangan alam laut dengan ombak yang tenang dan pemandangan alam berupa paduan bukit dan laut atraksi wisata pantai molutabu adalah antara lain berenang di pantai, bermain air dan naik perahu serta diving.

Yang paling anyar saat ini adalah wisata longalo rever Tubing juga menjadi pilihan bagi yang ingin mengurangi stres atau menguji adrenalin terdapat di Desa Longalo. Terakhir adalah air terjun Lombongo yang terdapat di Desa Lombongo yang jaraknya 1 kilo meter ditempuh dengan berjalan kaki dari kawasan pemandian air panas Lombongo.

BACA  Ini Besaran Zakat Fitrah di Kabupaten Gorontalo¬†

“Bone Bolango itu adalah The truly Gorontalo. Ini karena di Bone Bolango ada kekayaan alam dan ada kekayaan budaya, komplit dan asli,”kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

Diungkapkan Bupati, khusus untuk pariwisata di Bone Bolango mengangkat pesona legenda pariwisata alam yang natural. Di Bone Bolango juga memiliki wisata sejarah makam pahlawan nasional, raja-raja seperti Hubulo.

Selain itu kata Bupati, wisata di Bone Bolango termasuk murah dan tidak terlalu jauh dari Kota Gorontalo sebagai pusat jasa, pendidikan dan pusat pemerintahan. “Kedepan, kami akan terus mengemas dan mengelola secara bersungguh-sungguh objek wisata berbasis masyarakat di daerah ini. Kita memiliki semboyan Bone Bolango pesona legenda pariwisata alam di Gorontalo,”tandasnya. (roy/hargo)


Komentar