Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bone Bolango Kabupaten Pertama Terapkan Aplikasi SIMULTAN

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Headline KPU , pada Rabu, 22 Januari 2020 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Kabupaten Bone Bolango merupakan daerah pertama di Indonesia yang menerapkan aplikasi Sinergitas Pemutakhiran Data Berkelanjutan (SIMULTAN). Ini terungkap saat sosialisasi Pemutakhiran Data dan Peluncuran Aplikasi SIMULTAN dalam rangka persiapan Pilkada 2020 hingga Pemilu.

Peluncuran Aplikasi SIMULTAN ini juga dihadiri oleh Komisioner KPU RI, Viryan Azis di Kawasan Objek Wisata Benteng Ulanta pada Selasa (21/01/2020). Menurut Viryan Azis, dari seluruh kabupaten/kota yang dikunjungi, ternyata Bone Bolango yang pertama melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data dan Peluncuran Aplikasi SIMULTAN seperti ini.

“Saya juga sangat mengapresiasi sinergitas antara KPU dengan pemerintah di Bone Bolango. Begitu solid membangun kerja sama guna mewujudkan penyelenggaraan Pilkada maupun Pemilu yang sukses,”ungkap Viryan Azis.

Penanggung jawab Divisi Data dan Informasi di KPU RI ini menambahkan, peluncuran aplikasi SIMULTAN merupakan terbentuk kerja sama antara KPU dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bone Bolango. Adanya kerja sama ini, otomatis informasi pemilih secara berkelanjutan dapat diakses di Kantor KPU maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Kiranya ini dapat menjadi percontohan nasional, sehingga selain untuk kebutuhan Pemilu maupun Pilkada, data itu juga untuk kebutuhan pembangunan daerah,” jelas Viryan Azis.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi serta peluncuran inovasi seperti ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di Bone Bolango.

“Semoga saja kerjasama ini membuat masyarakat lebih mudah memahami dan mengetahui tentang penyelenggaraan Pilkada dan Pemilu di daerahnya. Seiring dengan suksesnya penyelenggaraan Pemilu juga dapat berdampak positif untuk pembangunan di daerah khususnya di Bone Bolango,” pungkas Hamim Pou. (zul/hg)