Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BPBD Diminta Maksimalkan Perangkat Early Warning

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Friday, 27 August 2021 | 22:05 PM Tags:
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat melakukan kunjungan kerjanya di Kantor BPBD. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Perangkat early warning system atau sistem peringatan dini tsunami yang ada di daerah, diharapkan untuk dapat dimaksimalkan. Ini dalam rangka mitigasi bencana.

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menurutnya, para aparatur yang ada di BPBD untuk dapat menyiapkan langkah-langkah dalam rangka mitigasi bencana atau pencegahan terhadap bencana yang mungkin saja terjadi. 

“Apalagi bahwa potensi wisata di Gorontalo Utara itu sebagian besar berbasis bahari, berbasis laut. Oleh karena itu, mau tidak mau, konsep mitigasi bencana harus ada. Walaupun kita berdoa insya Allah tidak akan ada bahaya tsunami,” terang Thariq Modanggu. 

Dalam konsep mitigasi bencana yang harus disiapkan, kata Thariq Modanggu, termasuk didalamnya jalur assembly titik kumpul, jalur evakuasi. 

“Ini kan harus diadakan, juga sosialisasi kepada masyarakat, termasuk penetapan titik-titik kumpul, kemudian titik evakuasi. Tapi, yang pasti kita berdoa tidak akan ada bencana seperti itu. Nah ini yang saya tegaskan untuk disiapkan oleh BPBD. Sehingga saya berharap, setelah ini mereka saya beri waktu untuk melakukan persiapan-persiapan, setelah itu saya akan cek tindak lanjutnya,” pungkas Thariq Modanggu. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar