Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BPBD Kabupaten Gorontalo Imbau Warga Waspada Banjir Susulan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Metropolis , pada Kamis, 23 September 2021 | 09:05 AM Tag: , ,
  Sejumlah warga tengah membersihkan material yang terbawa air saat banjir terjadi di Kabupaten Gorontalo. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo mengimbau masyarakat terutama yang berada di daerah sekitaran sungai untuk tetap waspada terhadap banjir susulan. 

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Gorontalo dalam beberapa hari kedepan. 

“Hujan masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Gorontalo dalam beberapa hari kedepan, untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap banjir susulan,” kata Sumanti Maku kepada hargo.co.id, Rabu (22/09/2021). 

Dirinya menjelaskan, kerusakan di wilayah hulu sungai menyebabkan tumbuhan hutan tidak mampu menahan lajunya air tanah dan hingga mengakibatkan laju air sungai hingga ke wilayah hilir. 

“Sehingga banjir bisa saja terjadi di walaupun hujan tidak terjadi di wilayah hilir,” terang Sumanti Maku. 

Terkait banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Limboto, menurut Sumanti Maku, saat ini pihaknya sedang mengumpulkan data terkait dampak dari banjir tersebut. Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gorontalo, sejak pukul 14.00 Wita, mengakibatkan sejumlah wilayah di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo terendam banjir

Banjir dipicu oleh luapan Sungai Bulota yang melintasi wilayah Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Merendam kawasan permukiman warga, hingga Markas Polres Gorontalo.

Banjir yang terjadi juga merendam sebagian jalan di depan Polres Gorontalo hingga ke pintu masuk kampus Universitas Gorontalo. Hal tersebut sempat mengakibatkan kemacetan karena sejumlah pengendara harus berhati-hati melintasi genangan air. (***) 

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 55 times, 1 visits today)

Komentar