Kamis, 20 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BPD dan Pemerintah Harus Bersinergi, Jika Ingin Membangun Desa 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 28 November 2021 | 06:05 AM Tag: , ,
  Pelantikan anggota BPD Mootinelo Kecamatan Kwandang oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna membangun desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa (Pemdes). Artinya, kepala desa untuk dapat bersama-sama dalam membangun desa. 

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin saat melantik anggota BPD Mootinelo Kecamatan Kwandang belum lama ini. Indra Yasin berharap BPD sebagai tempat menyalurkan aspirasi masyarakat. Harus mampu memecahkan dan memusyawarahkan setiap permasalahan yang ada, tentunya berkoordinasi dengan kepala desa. 

“Oleh sebab itu, BPD sebagai tempat untuk diamanahkan oleh masyarakat dari dusun untuk dipecahkan dan dimusyawarahkan antara internal BPD dan tentunya dengan kepala desa,” tuturnya. 

Makanya, Ia berharap, dalam menjalankan tugasnya, BPD harus menjaga harmonisasi dengan kepala desa, agar tidak terjadi perpecahan antar kedua lembaga. 

“Karena kedua lembaga ini yang mengambil keputusan di desa setiap kebijakan atau program yang ditujukan kepada masyarakat,” tukasnya. 

Oleh sebab itu, orang nomor satu di Gorut itu mengingatkan agar BPD harus selalu menjalin kerja sama dengan kepala desa. 

“Dengan demikian mudah-mudahan pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di desa dapat berjalan dengan baik,” harapnya. 

Selanjutnya, memiliki tugas mengawasi jalannya pemerintahan di desa, BPD harus mampu memonitoring jika kemudian ada program yang tidak tepat atau keliru dijalankan, di satu sisi itu sudah disepakati sebelumnya, tapi tidak sesuai, maka bisa dilakukan pengawasan. 

“Oleh sebab itu, fungsi BPD sangat kuat untuk selalu berkoordinasi dengan kepala desa dan pemerintah desa. Mudah-mudahan dengan kerja sama seperti begitu, maka penyelenggaraan pemerintahan di desa bisa berjalan dengan baik. Tentu itu harapan saya,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar