ramadan2024

BPJS Ketenagakerjaan – Hiswana Migas Sepakat Wujudkan Perlindungan Program Jamsostek

×

BPJS Ketenagakerjaan – Hiswana Migas Sepakat Wujudkan Perlindungan Program Jamsostek

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Ketua Umum Hiswana Migas, Rachmad Muhamadiyah, di salah satu hotel di Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
Penandatanganan perjanjian kerja sama tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Ketua Umum Hiswana Migas, Rachmad Muhamadiyah, di salah satu hotel di Surabaya beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, SURABAYA – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Dan Gas Bumi (Hiswana Migas) pada Senin, (03/10/2021) sepakat melakukan sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam perjanjian kerjasama (PKS) yang ditandatangani langsung oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Ketua Umum Hiswana Migas, Rachmad Muhamadiyah, pada salah satu hotel di Surabaya.

badan keuangan

Kerja sama ini ditujukan untuk mensinergikan sumber daya yang ada dari kedua pihak agar penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat berjalan secara efektif, efisien dan terkoordinasi.

Zainudin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang dilakukan ini, dimana Hiswana Migas merupakan salah satu ekosistem yang cukup besar di Indonesia, sehingga dengan sinergi ini akan berdampak baik bagi pekerja di dalamnya.

Example 300250

“BPJS Ketenagakerjaan menyambut baik kerja sama ini. Kita hadirkan di sini seluruh perwakilan cabang, agar apa yang kita kerjasamakan hari ini, apa yang kita niatkan hari ini, bisa langsung operasional oleh seluruh cabang kami di daerah,” tegas Zainudin.

Dirinya menambahkan, hal ini sangat penting untuk dilaksanakan dikarenakan jaminan sosial ketenagakerjaan dimandatkan kepada BPJAMSOSTEK sebagai penyelenggara. Dan tentu sebagai badan penyelenggara, BPJAMSOSTEK tidak bisa bekerja sendiri, program yang bagus dari negara tersebut harus sampai kepada masyarakat dengan dukungan dari seluruh pihak.

Semoga ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, sekaligus memiliki kontribusi positif juga pada kesejahteraan pekerja Indonesia dan memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, tambahnya.

Ramadhan 2024

Sebagai informasi, Hiswana Migas merupakan mitra resmi dari Pertamina yang menjalankan unit-unit usaha Pertamina. Anggota Hiswana Migas tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari pengusaha ritel minyak tanah, SPBU, SPPBE, Agen LPG , Pelumas, Transportir, Petrokimia, Premium dan Minyak Solar PackedDealer (PSPD), dan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS).

Profil kepesertaan ekosistem Hiswana Migas berdasarkan kode ILO per bulan Agustus 2021 antara lain 8.274 pemberi kerja/ badan usaha sudah terdaftar di BPJAMSOSTEK dengan total 141.960 tenaga kerja. Angka ini akan terus bertambah melihat masih adanya potensi sejumlah 1.726 pemberi kerja/badan usaha yang belum terdaftar dengan jumlah pekerja 181.230 tenaga kerja.

Senada dengan Zainudin, Rachmad Muhamadiyah dalam sambutannya juga mengatakan, kerja sama yang disepakati ini akan membantu seluruh anggota Hiswana Migas memahami seluruh program jaminan sosial ketenagakerjaan serta manfaat yang akan diterima.

Kami sangat senang dengan kerja sama ini, masih banyak anggota yang belum mengetahui program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. Mudah – mudahan ini bisa membawa manfaat kepada seluruh anggota Hiswana Migas agar mendapat program-program Jamsostek demi melindungi seluruh karyawan atau tenaga kerjanya, pungkasnya.

Hendra Elvian selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Gorontalo menegaskan bahwa pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja Indonesia dari semua sektor pekerjaan, tidak terkecuali di sektor Migas.

Perlunya kerjasama dari seluruh Stakeholder adalah kunci terciptanya sinergi dalam mewujudkkan Perlindungan Jaminan Sosial bagi seluruh pekerja Indonesia. Diharapkan melalui kerjasama ini program-program BPJS Ketenagakerjaan dapat terus dirasakan  manfaatnya khususnya bagi seluruh pekerja dalam hal ini yang bergerak dibidang Migas,tutup Hendra Elvian. (***)

 

Rilis: BPJAMSOSTEK/Lidya



hari kesaktian pancasila