Sabtu, 17 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



BPOM Gorontalo Bersinergi Dengan Pemkab Pohuwato Awasi Obat Dan Makanan

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Selasa, 30 Maret 2021 | 22:05 WITA Tag: , ,
  Bupati Pohuwato Syaiful A. Mbuinga menandatangani kerjasama dengan BPOM Gorontalo, bertempat di Rumah Jabatan Bupati, Minggu (28/03/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna meningkatkan efektifitas pembinaan dan pengawasan obat dan makanan, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Gorontalo bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato.

Sinergitas kedua belah pihak itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala BPOM Gorontalo Agus Yudi Prayudana dengan Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga, di Rumah Jabatan Bupati pada Minggu (28/03/2021).

Agus Yudi menyampaikan bahwa kesepakatan ini merupakan tindaklanjut Inpres 3 tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan, dan Permendagri 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Daerah.

BACA  Seriusi Penanganan Covid-19, Gubernur Gorontalo Kerja Sama Dengan PT. Pindad

“Beliau kan baru dilantik sebagai bupati, jadi kami bermohon ada sinergitas. Alhamdulillah pak bupati menyambut baik kerjasama ini,” kata Agus.

Dalam pertemuan dengan bupati, Kepala BPOM Gorontalo menyampaikan program dan kegiatan strategis BPOM yang sudah dan akan dilaksanakan diantaranya program Desa Pangan Aman, Pembinaan dan Pengawasan Keamanan Pangan Jajanan yang Dikonsumsi Anak Usia Sekolah.

BACA  Warga Gorontalo Diminta Waspada Datangnya Badai Siklon

Ada juga program Pasar Aman Berbasis Komunitas, Pendampingan UMKM serta strategi bersama terkait pembinaan dan pengawasan obat dan makanan di wilayah Kabupaten Pohuwato.

“Respon positif ditunjukkan Bupati Pohuwato terhadap program kerja BPOM di Gorontalo dan menyatakan siap bersinergi dan mendukung,” imbuhnya.

BACA  Dua Tokoh Nasional Putra Gorontalo Akan Dianugrahi Gelar Adat

Kerjasama akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Tim Terpadu Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Pohuwato. Tim ini beranggotakan OPD terkait yang akan melaksanakan pembinaan dan pengawasan secara terpadu untuk menjamin produksi dan peredaran obat dan makanan yang aman dan bermutu.(zul/adv/hargo)


Komentar