Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Breaking Disway: Varian Baru

Oleh Admin Hargo , dalam DI'SWAY , pada Sabtu, 27 November 2021 | 20:05 PM Tag: , , , ,
  Breaking Disway: Varian Baru

Oleh : Dahlan Iskan

Jumat hari ini, WHO mengadakan pertemuan darurat. Agendanya: membicarakan munculnya varian baru Covid-19 di Afrika Selatan.

Varian baru ini dianggap berbeda dengan varian yang pernah terjadi: perubahannya (mutasinya) sangat besar. Menyangkut 30 jenis mutasi di paku proteinnya.

Siaran resmi dari WHO itu disampaikan oleh Dr. Maria Van Kerkhove (lihat foto), pimpinan teknis Covid-19 di WHO.

Begitu besarnya mutasi itu, sampai bisa berpengaruh pada kekebalan tubuh yang sudah ada. Maka dalam pertemuan darurat itu juga akan dibicarakan pengaruh varian baru pada efektivitas vaksinasi yang sudah dilakukan.

Nama varian itu B.1.1.529. Belum diberi nama populernya. Itu muncul pertama di dekat kota terbesar di Afrika Selatan: Johannesburg.

Menurut siaran resmi tersebut varian itu sudah menyebar ke beberapa negara sekitar. Johannesburg memang kota internasional terpenting Afrika.

Yang membuat kita harus lebih waspada, varian itu sudah ditemukan di Hongkong, pusat pertemuan orang dari banyak negara.

Pertukaran manusia antara Hongkong dan Singapura sangat tinggi. Hubungan Indonesia dengan Singapura juga sangat tinggi.(Dahlan Iskan)

(Visited 37 times, 1 visits today)

Komentar