Kamis, 25 Februari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Buka Bersama Warga Binaan, Ini Penyampaian Bupati Pohuwato

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 23 Juni 2017 | 21:09 WITA Tag: , , , ,
  


 

POHUWATO MADANI, hargo.co.id  – Tanpa ada perencanaan dan didampingi para pejabat, Bupati Syarif Mbuinga kemarin mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato untuk berbuka puasa dengan para warga binaan.

Sebelum menunggu buka puasa, orang nomor satu di Pohuwato ini banyak bercerita dan memberikan motivasi kepada para warga binaan, dengan harapan agar setelah keluar dari Lapas, kiranya perbuatan buruk tidak diulang lagi.

Bahkan kata Bupati Syarif Mbuinga, Lapas bukanlah tempat penyiksaan, melainkan salah satu tempat untuk mendidik masyarakat.

“Belum tentu masyarakat yang berada di luar Lapas lebih baik dari warga binaan di Lapas ini. Buktinya, di bulan suci Ramadhan saja, banyak ditemukan masyarakat yang mengkonsumsi alcohol, muda-mudi kepergok di dalam kamar berduaan dan lain sebagainya. Sebaliknya, warga binaan yang ada di Lapas Pohuwato malah lebih baik lagi, karena sholatnya lima waktu, bekerja dengan baik, belajar baca tulis Al-Qur’an dan lain sebagainya. Jadi, setelah keluar dari Lapas, saya berharap agar mari kita memulai hidup yang baru, bersih dan lebih baik lagi,” ajaknya.

BACA  Digelar Virtual, RAT KPRI Wiyowa Dibuka Wagub Idris Rahim

Ditambahkan pula oleh bupati dua periode ini, pemerintah akan memberikan perhatian maksimal atas keberadaan Lapas Pohuwato.

Rencananya tahun ini selain pembangunan jalan yang sudah selesai dan bantuan ternak sapi serta ayam, pemerintah akan turut membangun fasilitas olah raga bagi warga binaan. Tak hanya itu saja, akan dibuatkan pula sistem penerangan yang lebih baik, usai lebaran akan dibuatkan perpustakaan Lapas dan lain sebagainya.

BACA  Asisten III Pemprov Gorontalo Jadi Pj. Sekda Pohuwato

“Saya berharap, agar warga binaan setelah keluar dari Lapas, bisa memulai hidup barunya dengan kreatifitas yang dimiliki. Oleh karena itu, bantuan ternak ini akan kami tambah lagi untuk Lapas, sehingga ketika warga binaan keluar, maka mereka bisa membawa bibit ternak sapi untuk dikembangkan dirumahnya dan lain sebagainya. Saya pun sangat berterima kasih kepada Ka Lapas yang banyak berinovasi dan memberikan perhatiannya kepada warga binaan yang tak lain adalah masyarakat Pohuwato,” jelasnya.

BACA  Syarif Mbuinga Bangun Galeri UMKM di Bandara Jalaludin Gorontalo

Sementara itu, Ka Lapas Pohuwato, Rusdedy mengemukakan, ucapan terima kasih atas dukungan serta perhatian dari Bupati Syarif Mbuinga untuk Lapas Pohuwato. Alhamdulillah Lapas Pohuwato saat ini telah bekerjasama dengan BRI Cabang Marisa, dimana upah dari para warga binaan akan masuk ke nomor rekening BRI.

“Kami pun berharap dukungannya Pak Bupati Syarif Mbuinga, karena masih banyak warga binaan yang belum memiliki identitas atau KTP. Oleh karena itu, kami sangat berharap agar hal ini bisa dibantu pula. Pada dasarnya, kami sangat berterima kasih atas perhatian dan bantuannya selama ini,” pungkasnya. (kif/hargo)


Komentar