Minggu, 11 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Buka Puasa Makin Enak Seruput Sop Buntut

Oleh Aslan , dalam LifeStyle , pada Minggu, 28 Mei 2017 | 01:00 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id – Buka puasa di hari pertama biasanya membuat semua umat Muslim begitu bersemangat dalam menghidangkan aneka menu. Di awal-awal Ramadan, menu melimpah terhidang di meja makan. Jangan lupa untuk memasak sesuatu yang berkuah. Salah satunya, sop buntut yang bisa menjadi pilihan.
Sop buntut yang ditawarkan JawaPos.com, bukan menu biasa. Sop buntut ala Chef The Margo Hotel, Depok yakni Meindra Bayu Sunjaya ini patut dicoba di rumah. Untuk porsi dua orang, membuat hidangan lezat ini butuh sekitar Rp 75 ribu. Cara membuatnya juga mudah, tak memerlukan bahan-bahan yang sulit.

“Bikin sop buntut gampang malah, enggak harus pakai presto. Sama seperti masak rendang, direbus dulu dagingnya biar empuk,” kata Bayu kepada JawaPos.com.

BACA  Trend Busana Muslim Jelang Ramadan

Sop buntut ala Chef Hotel The Margo Depok Meindra Bayu Sunjaya
Sop buntut ala Chef Hotel The Margo Depok Meindra Bayu Sunjaya (DERY RIDWANSYAH/JAWA POS)

Bayu juga memberikan tips kepada para ibu di rumah bagaimana membuat sop buntut menjadi lebih sedap. Ternyata kuncinya ada di salah satu bumbu, yaitu jahe. “Jahenya itu dibakar, biar wanginya lebih segar. Jadi sebelum dicampur dengan bumbu lainnya, jahe digeprak lalu dibakar,” jelas Bayu.

Ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sop buntut lezat ala The Margo Hotel, Depok:

BACA  7 Manfaat Ajaib Daun Pisang untuk Kesehatan

1. Buntut sapi 200 gram

2. Kapulaga 1 gram

3. Cengkeh 1 gram

4. Kayu manis 1 gram

5. Biji pala 1 gram

6. Bunga pala 1 gram

7. Anistar 1 gram

8. Bawang putih 10 gram

9. Bawang Merah 10 gram

10. Air 300 liter

11. Lada putih 0,1 gram

12. Garam 3 gram

13. Gula putih 3 gram

14. Kaldu sapi 5 gram

Pelengkap :

1. Nasi 150 gram atau sesuai selera

2. Daun bawang 2 gram

3. Seledri 2 gram

4. Sambal hijau 15 gram

5. Jeruk nipis 15 gram

6. Kecap manis 15 gram

7. Emping sesuai kebutuhan

Cara Membuat :

Siapkan air dalam panci. Kemudian rebus buntut sapi yang berfungsi untuk membuang kotoran dan mengurangi bau pada buntut sapi. Lakukan proses tersebut hingga dua kali merebus.

BACA  Ini Dia 4 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Sembari menunggu, bisa disiapkan air di dalam panci. Lantas masukkan daun bawang, seledri, wortel, bawang bombai. Masukkan buntut yang sudah direbus ke dalam panci tersebut. Utamakan buntut yang kecil dulu supaya muat di dalam panci.

Masukkan bawang merah goreng, bawang putih goreng, biji pala, bunga pala, cengkeh, anistar, kayu manis, lada, kapulaga, garam, lada putih, gula putih. Seluruhnya masuk ke dalam air rebusan buntut. Rebus hingga buntut sapi menjadi empuk. Setelah matang dan empuk sajikan dengan bahan pelengkap. (hg/cr1/JPG)


Komentar