Saturday, 24 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Buka Rakor SAR Daerah, Ini yang Ditekankan Wagub Gorontalo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Tuesday, 29 June 2021 | 13:05 PM Tags: , ,
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), menerima cenderamata dari Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman (tengah), pada pembukaan Rakor SAR Daerah di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Selasa (29/06/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Search And Rescue (SAR) atau pencarian dan pertolongan tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar oleh Kantor SAR Gorontalo, Selasa (29/06/2021).

“Daerah kita ini rawan bencana, oleh karena diperlukan koordinasi antara seluruh insan SAR dalam mengabdi pada tugas kemanusiaan ini,” kata Wagub Idris dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, tugas pencarian, pertolongan, penyelamatan dan evakuasi pada kecelakaan, bencana maupun kondisi yang bisa membahayakan masyarakat merupakan tugas yang berat dan tidak mudah untuk dilaksanakan. Dikatakan Wagub, baik Basarnas maupun instansi terkait lainnya masing-masing memiliki tugas dan fungsi dalam penanganan bencana dan kecelakaan.

“Tugas dan fungsi ini yang perlu kita sinergikan melalui rakor ini agar pelaksanaan operasi SAR di lapangan bisa berjalan lancar,” tutur Wagub.

Wagub Idris menambahkan, operasi SAR akan berhasil apabila didukung dengan perencanaan yang cermat, penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur, serta tersedianya logistik dan peralatan yang memadai. Selain itu kata Idris, terjalinnya hubungan yang harmonis antara Basarnas, TNI dan Polri, pemerintah daerah, serta organisasi kemasyarakatan, sangat mendukung keberhasilan operasi SAR.

“Kita tidak mengharapkan terjadinya bencana dan kecelakaan, tetapi kita harus siap dan dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana itu,” pungkas Idris.(zul/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar