Rabu, 5 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bungkam PSG di Etihad Stadium, Manchester City Lolos ke Final Liga Champions

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Sepakbola , pada Rabu, 5 Mei 2021 | 09:05 WITA Tag: , ,
  Winger Man City asal Aljazair Riyad Mahrez mencetak gol ke gawang PSG. Foto: Twitter/@ChampionsLeague


Hargo.co.id, MANCHESTER – Manchester City akhirnya untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions. City tembus ke final setelah menyingkirkan runner-up musim lalu Paris Saint-Germain dengan agregat 4-1. Setelah menang 2-1 pada leg pertama semifinal di Paris pekan lalu, City kembali menunjukkan keperkasaannya di Etihad Stadium, Rabu (5/5) dini hari WIB.

City menang 2-0. Semua gol dicetak oleh winger asal Aljazair Riyad Mahrez. Kedua gol lahir dari serangan balik. Gol pertama pada menit ke-11, dan gol kedua tercipta pada menit ke-63. The Citizens sukses memanfaatkan beban berat yang dipikul anak-anak PSG. City bermain tak terburu-buru, tetapi menekan lawannya sejak dari garis pertahanan PSG.

BACA  Algifari Tangio, dari Lantai Jemuran Padi Menuju Lapangan Senayan

Hal itu membuat tim tamu terpaksa berlama-lama memainkan bola di daerah pertahanannya sendiri. Saat PSG mulai naik, garis pertahanan pertama City berada di lini tengah. Itu membuat PSG kesulitan mengembangkan permainan. Terkurung. Lini pertahahan City menjadi lebih fokus dan bertenaga.

Dua bek tengah, John Stones dan Rubens Dias bermain nyaris sempurna, tak termakan rayuan Neymar atau Angel Di Maria. Taktik City pun membuat para pemain PSG yang tampak kecapean sendiri, mulai bermain kasar.

Puncaknya saat kapten City Fernandinho berhasil memancing emosi Di Maria ketika momen lemparan bebas. Wasit asal Belanda Bjorn Kuipers yang melihat insiden di luar garis itu menilai Di Maria pantas diberi kartu merah dan diperkuat juga oleh VAR.

BACA  Inter Pastikan Gelar Scudetto Serie A, Antonio Conte ungkap Momen Kunci Musim Ini

Di Maria pun meninggalkan sepuluh rekannya di lapangan. Dari statistik UEFA, PSG memang lebih unggul possession: 55-45. Namun, City tampak lebih pintar mendikte tamunya.

Ini adalah kali pertama mereka lolos ke final Liga Champions. Pencapaian maksimal adalah semifinal bertama Mauricio Pellegrini pada musim 2015/2016. Sementara itu ditarik lebih jauh, City berhasil menyudahi penantian 50 tahun atau setengah abad lebih, untuk bisa berlaga di final kompetisi antarklub Eropa.

BACA  Kompetisi Liga 1 Bakal Memakai Format Bubble to Bubble

Final pertama dan terakhir City di kompetisi Eropa adalah saat menjuarai Piala Winners 1969/1970, usai mengalahkan tim Polandia Gornik Zabrze. Manchester City pun berhak terbang ke Istanbul, kota tempat final Liga Champions digelar 29 Mei nanti. Semoga akhir penantian panjang City bisa membuahkan gelar pertama di ajang ini.(adk/jpnn/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Manchester City Terlalu Pintar buat PSG“. Pada edisi Rabu, 05 Mei 2021.

Komentar