Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bupati Gorontalo Minta Anggaran Dikelola Secara Maksimal

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Senin, 11 Januari 2021 | 19:05 WITA Tag:
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dalam saat rapat yang digelar bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (11/1/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Besaran Anggaran Pembangunan Daerah yang akan dikelolah oleh pemerintah kabupaten gorontalo tahun di 2021 nyaris mencapai Rp2 triliun. Jumlah tersebut merupakan kalkulasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ditambah dengan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Anggaran kita tahun 2021 ini dengan dana PEN II hampir Rp2 triliun. Ini pertama kalinya kita mengelola dana sebanyak ini,” ujar Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat memmimpin rapat Evaluasi Dan Monitoring (E-Monep) penyerapan pelaksanaan Program Dana APBD Kabupaten Gorontalo Tahun 2020, dan rencana pelaksanaan APBD 2021, Senin (11/1/2021).

BACA  Pemda Kabgor Dorong Kemandirian Daerah Melalui Peningkatan SDM

Besarnya anggaran ini membuat Nelson Pomalingo memberikan penekanan khusus agar pengelolaan anggaran dapat dioptimalkan. Apalagi, kata Nelson Pomalingo, Kabupaten Gorontalo baru pertama kali menggelolah anggaran sebesar itu.

“Kita juga mempertegas, memberi penguatan untuk program 2021 apalagi dengan anggaran hampir dua triliun sehingga ini bisa dilaksanakan dengan baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga tahap evaluasinya,” tegas Nelson Pomalingo

BACA  Kaum Disabilitas di Gorontalo Dapat Perhatian Khusus dari Pemerintah

Bagaimana dengan hasil evaluasi penggunaan anggaran 2020? Secara keseluruhan Nelson Pomalingo menilai penggunaan anggaran 2020 sudah terlaksana dengan baik, semua anggaran terserap dan hanya tinggal perampungan laporan.

“Semua (program APBD 2020) sudah selesai, cuma laporannya yang masih ada sedikit kekurangan dan itu sudah saya minta untuk secepatnya diperbaiki,” ungkap Nelson Pomalingo usai rapat evaluasi tersebut.

BACA  Kabar Gembira, RS Bhayangkara Segera Dibangun di Gorontalo

Rapat yang turut dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu juga membahas soal penanganan Covid. Pihaknya, kata Nelson Pomalingo, akan teus melakukan berbagai upaya pencegahan termasuk mengoptimakan vaksinasi yang rencanannya akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari 2021 mendatang.(hiu/adv/hargo)


Komentar