Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bupati Halmahera Timur, Meninggal Usai Mendaftar di KPU

Oleh Berita Hargo , dalam Indonesia 99 Kata Kabar dari Timur , pada Minggu, 6 September 2020 | 20:05 WITA Tag:
  Jenazah Bupati Haltim, Muhammad Din saat berada di RSUD Maba, Haltim. Ia wafat saat memberi orasi politik usai mendaftar di KPU. INSERT: Muhamad Din semasa hidup (Foto Istimewa/MALUT POST)


Hargo.co.id, HALTIM – Bupati Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhamad Din Hi. Ma’bud, meninggal dunia. Almarhum yang maju kembali sebagai calon Bupati Haltim periode 2020 – 2025 itu meninggal usai mendaftar di kantor KPU Haltim, Jumat (04/09/2020).

Ia menghembuskan nafas terakhir di RSUD Maba, Halmahera Timur, sekitar pukul 16.40 WIT. Informasi yang dihimpun Harian Halmahera (INN Grup), Ir.Muhdin, bersama pasangan calon wakil bupati Anjas Taher, mendaftar di Kantor KPU sekitar pukul 09.00 WIT.

Proses pendaftaran berlangsung lama, karena ada kekurangan berkas milik Anjas Taher. Pendaftaran baru berakhir sekitar pukul 15.00 WIT. Almarhum bersama Anjas Taher kemudian diarahkan ke posko pemenang utama di Desa Sangaji, Maba, oleh ribuan pendukung dan simpatisan.

BACA  Pemuda di Padebuolo Gantung Diri, Orang Tua Tolak Otopsi

Di atas panggung, Almarhum sempat menyampaikan orasi politiknya. Namun setelah beberapa menit berorasi, ia langsung jatuh pingsan.

“Fondasi negeri ini harus kokoh, harus tangguh,” demikian kalimat terakhir yang disampaikan almarhum sebelum jatuh pingsan.

Dalam kondisi itu, ia kemudian dilarikan ke RSUD Maba untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun nyawa almarhum tak tertolong.

BACA  Pelaku Pembacokan di Pasar Sentral Berhasil Diringkus

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (04/09/2020), mengatakan, ia mendapat laporan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara, terkait meninggalnya, Bupati Haltim, Ir.Muhdin.

Ia mengatakan, Bupati Haltim saat itu berorasi di kediamannya usai mendaftar di KPU. Orasi baru berlangsung 20 menit. Secara tiba-tiba, Muhdin terjatuh dan kemudian dibawa ke rumah sakit.

“(Orasi) yang berada di kediamannya, Desa Sangaji, Kecamatan Kota Maba, Kabupaten Haltim. Sekitar 20 menit orasi politik berlangsung, tiba-tiba almarhum terjatuh dari podium, langsung dilarikan ke RSUD Kota Maba, namun nyawa almarhum tidak tertolong,” bunyi keterangan itu.

BACA  Pelajar SMK di Gorontalo Tikam Pamannya Hingga Meninggal Dunia

Belum diketahui penyebab meninggalnya Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud, yang merupakan politikus Partai Golkar.

Jenazah almarhum pun dipulangkan ke rumah keluarga di Desa Soagimala. Diketahui, sebagai petahana, dalam Pilbup Halmahera Timur, pasangan Muhdin-Anjas didukung Golkar, Partai NasDem, Demokrat, Hanura, dan PKPI. (kho/inn)


Komentar