Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Bupati Minta Putra Papua Tamatan Luar Negeri tak Ikut Tes CPNS

Oleh Mufakris Goma , dalam Kabar dari Timur , pada Minggu, 22 Desember 2019 | 15:44 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, JAKARTA – Sekitar 200 mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh studi di Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris, diminta berhenti bermimpi menjadi PNS (pegawai negeri sipil).

Permintaan ini disampaikan Bupati Paniai Meki Nawipa yang menjadi pembicara dalam Konferensi Pemuda dan Ilmuwan Muda Papua Sedunia Pertama, yang berlangsung di Hotel Sheraton Los Angeles, Amerika Serikat (AS), 20-22 Desember 2019.

“Sudah jauh-jauh terbang lintas benua, maka pada saat selesai studi nanti saya harapkan tidak pulang untuk ikut tes PNS, mengambil jatah dari teman-teman kalian yang kuliah di dalam negeri,” kata Meki dalam siaran pers yang diterima jpnn.com, Sabtu (21/12).

BACA  Warga Konawe Sweeping TKA China

Konferensi ini diselenggarakan atas kerja sama Konjen RI dengan Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) USA, yang diketuai Anies Labene, dan IFPYS (International Forum of Papuan Youth and Scholars) pimpinan Dr. Rini Modouw.

“Tetapi setelah pulang, jadilah entrepreneur yang dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, seperti bidang-bidang yang anda sedang tekuni saat ini,” lanjut sang Bupati disambut tepuk tangan meriah peserta konferensi.

Forum tersebut dibuka Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar. Sementara pembicaranya selain Meki Nawipa, ada Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, dan Wakil Menteri PUPR Wempi Wetipo.

BACA  Gagal Take-Off, Garuda Keluar Landasan di Bandara Sultan Hasanudin

Para pelajar asal Papua yang hadir di forum itu juga mendapat apresiasi karena dapat bertahan selama ini dalam menempuh studinya di negeri yang jauh dari Tanah Air.

Tidak seperti konferensi-konferensi biasanya yang mengusung isu-isu politis, kegiatan tersebut diarahkan untuk mengajak anak-anak Papua yang hadir menuangkan ide, inovasi, serta gagasan bisnis untuk dapat diterapkan di Papua dan seluruh Tanah Air Indonesia.

“Saya berharap, akan banyak dari adik-adik ini, setamat kuliah dari Amerika dan balik ke Papua, akan ada yang menjadi entrepreneur seperti saya saat ini,” kata Billy yang juga putra asli Papua, Stafsus Presiden bidang Inovasi (Millenial).

BACA  Positif Covid-19, Empat Orang Tahanan Polda Papua Kabur dari Rumah Sakit

Sementara itu, Wempi Wetipo yang hadir sebagai orang tua untuk seluruh anak-anak yang hadir juga mendorong kreatifitas dan inovasi sebagai kunci utama kesuksesan seseorang dalam berkarir dan berkarya.

Diketahui, pada hari pertama konferensi, para peserta berhasil menciptakan inovasi-inovasi dan kreasi-kreasi yang diharapkan akan dapat menjadi unit-unit usaha baru untuk membantu percepatan Pembangunan di Tanah Papua dan Indonesia. (fat/jpnn)

*Berita ini juga disiarkan oleh jpnn.com pada edisi Minggu, 22 Desember 2019


Komentar