Friday, 6 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Butuh Kerja Keras, Pengentasan Kemiskinan Perlu DioptimalkanÂ

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Friday, 28 May 2021 | 02:05 AM Tags:
  Selvi Mandagi, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Masalah kemiskinan saat ini memang membutuhkan kerja keras serta keseriusan yang matang dan memang dalam persoalan ini, semua pihak dituntut untuk dapat berpartisipasi langsung, baik dari pihak masyarakat maupun pemerintah. 

Khususnya dalam memberikan support terhadap program pemerintah dari pihak pemerintahan itu sendiri yang harus memprioritaskan program-program unggulan. Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Selvi Mandagi menjelaskan, ada tiga program yang menjadi prioritas saat ini yakni pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. 

Namun disamping tiga program prioritas tersebut, harusnya ada semacam upaya by pass dari pemerintah daerah dalam menurunkan angka kemiskinan, sehingga program pembangunan yang dilahirkan efektif dalam mendorong peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. 

“Harus ada lompatan-lompatan dari pemerintah daerah dalam mempercepat pengentasan angka kemiskinan. Salah satu terobosan yang bisa diambil oleh pemerintah daerah melalui OPD adalah mencanangkan satu program pamungkas yang bisa mendongkrak kemajuan daerah serta kesejahteraan dan ini sudah mulai dilihat dari upaya pemerintah membangun rumah layak huni dan program kesejahteraan masyarakat lainnya,”ujar Selvi.

Lanjut katanya, dengan begitu target kerja dari masing-masing instansi tidak biasa. Idealnya setiap OPD harus ada program pamungkas yang jelas terkait pengentasan kemiskinan. Sehingga upaya menurunkan angka kemiskinan dikerjakan dengan sistem keroyok untuk mempercepat pengentasan kemiskinan. 

“DPRD sendiri akan terus membackup semua program yang direncanakan khusus untuk mengentaskan kemiskinan ini, guna merealisasikan apa yang menjadi harapan semua pihak,” tambahnya. (wie/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar