Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cagar Alam Tangale Jadi Pembuangan Sampah

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Kamis, 4 Januari 2018 | 07:54 Tag: ,
  

Gorontalo, Hargo.co.id – Potret Cagar alam tangale di Desa Labanu, Kecamatan Tibawa saat ini sangat memprihatinkan. Hutan lindung yang semestinya dijaga kelestariannya kini sudah dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini seperti yang terpantau awak media Gorontalo Post saat melintas di Jalan Trans Sulawesi, Desa Labanu, Kecamatan Tibawa beberapa waktu lalu.

Dari Pantauan Gorontalo Post, Meski sudah dipasangi papan larangan membuang sampah ditempat tersebut, Namun hingga saat ini sampah-sampah masih saja tertumpuk di pinggiran jalan Trans Sulawesi tersebut.

Hal ini tentu bisa saja dapat merusak keindahan ataupun kelestarian Cagar alam Tangale yang memiliki lebih dari 102 jenis pohon berkayu, yang beberapa antaranya adalah pohon yang dilindungi. Kurangnya kesadaran Oknum Masyarakatlah yang menjadi penyebab utama.

Usin (36) Salah satu warga yang melintas mengungkapkan jika dirinya sangat kecewa dengan perlakuan Oknum masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah di dalam kawasan Cagar alam Tangale.

” Saya kira ini bukan ulah satu dua orang saja, namun banyak oknum yang dengan sengaja melakukannya. Lihat saja sampahnya sudah sampai bertumpuk begitu,” Ujar Yusri saat ditemui dilokasi.

Saat Dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hdup Kabupaten Gorontalo Saiful Kiraman Mengungkapkan jika saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap titik-titik yang sering terjadi penumpukan sampah.

Terkait dengan adanya tumpukan sampah di Cagar alam TAngale, dirinya belum bisa memastikan jika sampah-sampah yang ada adalah sampah masyarakat sekitar, mengingat lokasi tersebut adalah jalan trans Sulawesi.

“Kita sementara identifikasi sampah-sampah tersebut dari mana asalnya, karena bisa saja masyarakat yang hanya melintas, dengan sengaja membuang sampah ditempat tersebut,” jelas Saiful.(tr-56)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar