Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Calon Peserta UTBK Dibekali Lewat Bimbel SBMPTN

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Rabu, 7 April 2021 | 13:05 WITA Tag:
  Pelaksanaan Bimbel oleh LDK SKI terhadap calon peserta UTBK. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) akan melaksanakan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) mulai 12 April 2021 mendatang.

Guna memudahkan para peserta UTBK, Lembaga Dakwah Sentra Kerohanian Islam (LDK SKI) melaksanakan Bimbingan Belajar (Bimbel) yang diikuti oleh 100 siswa SMA Kelas XII yang akan mengikuti UTBK SBMPTN (04/04/2021). Suhardin Buhungo seorang mahasiswa jurusan Akuntansi sebagai ketua panitia. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa SMA kelas XII supaya bisa mengerjakan soal-soal SBMPTN dengan mudah. 

LDK SKI adalah organisasi dakwah yang ada di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang diketuai oleh Ramdan Hunowu mahasiswa jurusan keperawatan. Kegiatan Bimbel SBMPTN ini termasuk salah satu program kerja dari Departemen Pendidikan Minat dan Bakat LDK SKI UNG. Yang dikoordinir langsung oleh anggota PMB, Achmad Husein Hasni jurusan PPKN, Maharani jurusan Akuntansi dan Greis R. Musa jurusan Pendidikan Ekonomi. 

Husein sebagai salah satu penanggung jawab dari kegiatan ini mengaku bahwasanya dalam pelaksanaan BIMBEL SBMPTN 2021 tentunya memiliki kendala.

“Hambatan pada pelaksanaan Bimbel SBMPTN yaitu adanya sekolah SMA yang melaksanakan ujian semester genap pada 5-10 April 2021 dan itu bertabrakan dengan pelaksanaan Bimbel SBMPTN kita yang dilaksanakan dari 4-10 April sehingga, kami harus menyesuaikan jadwal Bimbel kami dengan para peserta yang mengikuti Bimbel yaitu pelaksanaannya kami buat dari pukul 13:30 hingga pukul 18.00 Wita,” ujar Achmad Husein. 

Kepanitiaan dari kegiatan Bimbel SBMPTN 2021 ini, begitu antusias dalam mempersiapkan kegiatan ini. Dengan melakukan sosialisasi di beberapa SMA/MA yang ada di kota Gorontalo. Mereka juga bekerja sama dengan ROHIS SMA Provinsi Gorontalo dalam mempublikasikan kegiatan BIMBEL ini. Selain itu, PMB LDK SKI UNG mempersiapkan modul atau materi serta tutor/pengajar yang mumpuni di bidangnya masing-masing sesuai kelompok ujian yang ada pada SBMPTN seperti ujian tes potensi akademik dengan kelompok ujian SAINTEK (Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi), kelompok ujian SOSHUM (Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah) dan kelompok ujian tes potensi SKOLASTIK juga disediakan materi serta tutor yang berkaitan dengan Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika Dasar,  dan Logika. (elma/ung/hargo)

BACA  Seleksi MTQ Tingkat UNG Resmi Dimulai, 150 Peserta Siap Berkompetisi

Komentar