Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cara Unik Ajak Pengendara Jaga Jarak, Dishub Tandai Jalan Seperti Start Lintasan Balap

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Ragam , pada Minggu, 7 Juni 2020 | 00:05 WITA Tag: , , , ,
  Perempatan Kembang Ijo, Tuban yang ditandai seperti garis start sirkuit. Foto: Dishub Tuban


Hargo.co.id, TUBAN – Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban punya cara unik untuk mengajak para pengendara menjaga jarak fisik atau physical distancing di simpang jalan yang dilengkapi traffic light atau lampu pengatur lalu lintas.

Caranya adalah dengan menandai tempat pemberhentian kendaraan di persimpangan jalan menyerupai garis start sirkuit MotoGP dan Formula 1.

Namun, garis start itu bukan untuk balapan. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Tuban Muji Slamet, pembuatan tanda menyerupai jarak start MotoGP ataupun Formula 1 itu untuk mengurangi risiko penularan penyakit virus corona 2019 (COVID-19).

BACA  Hajatan Libatkan Orang Banyak, Harus Seizin Bupati/Walikota

“Ini inovasi dalam rangka physical distancing di kawasan lalu lintas dan transportasi, biar para pengendara motor ini ada jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain,” ujar Muji seperti dikutip dari laman Dishub Tuban.

Untuk tahap awal, pembatasan jarak itu diterapkan di perempatan Kembang Ijo, Tuban. Nantinya, langkah serupa akan diterapkan di beberapa titik simpang empat lainnya.

“Ini masih uji coba, baru mulai hari ini. Tujuannya adalah mengedukasi dan mengingatkan masyarakat di masa pandemi covid-19 ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada, tidak terkecuali di jalan raya khususnya di area traffic light saat lampu merah,” imbuhnya.

BACA  Ibadah Natal di Kota Gorontalo Patuhi Protokol Kesehatan

Muji menambahkan, penerapan physical distancing di traffic light merupakan salah satu bagian dari konsep Manajemen Transportasi Menuju Budaya Keteraturan dan Kebiasaan Baru Tuban Unggul. Dia mengharapkan masyarakat terus mengingat protokol kesehatan dan menjaga jarak dalam rangka mencefag penularan COVID-19.

BACA  Malam Pergantian Tahun, Akses Keluar Masuk Bone Bolango Ditutup

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono pun mendukung langkah itu. Argo memastikan jajarannya akan bersama petugas Dishub Tuban memantau pengguna jalan, termasuk baik di lokasi secara langsung ataupun melalui CCTV. (mg9/jpnn/hg)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah diterbitkan oleh JPNN.com dengan judul: “Tandai Jalan Seperti Sirkuit, Cara Unik Ajak Pengendara Jaga Jarak Fisik”. Pada edisi Sabtu, 06 Juni 2020.

Komentar