Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



CATAT! 79 Juta Anak Wajib Punya KIA

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 19 Mei 2017 | 17:35 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, hargo.co.id – Peran serta para orang tua untuk mengurus identitas anaknya sangat dibutuhkan.

Selain Akta Kelahiran, juga Kartu Indentitas Anak (KIA). Pasalnya, jumlah anak yang menjadi target pengurusan KIA cukup besar. Yakni sebanyak 79,211 juta. Atau hampir separo dari jumlah penduduk Indonesia.

Target itupun harus dituntaskan pada 2019 atau sebelum akhir pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Untuk menuntaskan pengurusan KIA sebanyak 79,211 juta anak, sejak 2016 Pemerintah melalui Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kemendagri telah menetapkan beberapa daerah sebagai pilot project (percontohan,red). Salah satunya Provinsi Gorontalo yang tersebar di tiga Kabupaten/Kota. Masing-masing Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Boalemo.

BACA  Kominfo dan Statistik Siap Sebar Informasi Mitigasi Bencana

Dirjend Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Gorontalo dipilih sebagai pilot project penerapan KIA karena penduduk Gorontalo masih terbilang sedikit.

BACA  Wagub Ajak Masyarakat Gorontalo Kuatkan Peran Keluarga

Hal itu lebih memudahkan pemerintah untuk mengatur lebih tertib data kependudukan sejak dini melalui KIA.

“KIA ini legalitasnya sama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Fungsinya pun sama dengan KTP. Bedanya KTP untuk orang dewasa, KIA untuk mereka yang masih anak-anak ,” terangnya.

Menurut Zudan pula, penggunaan KIA ini merupakan program nasional yang masih terhitung baru. Pemerintah pusat melalui Dirjen Dukcapil, Kemendagri baru mulai menerapkannya pada tahun 2016. KIA merupakan salah satu dokumen kependudukan yang sangat penting, di antara 22 dokumen yang dikelurkan oleh Dukcapil.

BACA  Soal Pasokan Listrik, PLN Siap Dukung Industri Tambang di Gorontalo

“Jadi para orang tua ketika melahirkan anak, yang diurus ada dua hal. Selain akta kelahiran, juga KIA. Anak yang sudah memiliki KIA berarti sudah memiliki legalitas sebagai warga negara Indonesia,” jelasnya.  (and/roy/abk/hargo)


Komentar