Jumat, 20 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Catat Ya! Pasangan NKRI Bisa Dilantik di Bulan Mei

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 5 April 2017 | 11:49 Tag: , ,
  

JAKARTA, hargo.co.id -Setelah Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (4/4) resmi menolak gugatan perkara hasil pemilihan umum (PHPU) Pilgub Gorontalo yang dilayangkan pasangan Hana Hasanah Fadel – Tonny Yunus (HATI) terhadap pasangan Rusli Habibie dan Idris Rahim (NKRI).

Kini rencana pelantikan pasangan Rusli Habibie – Idris Rahim menjadi pertanyaan. Apakah dilantik serentak menunggu DKI Jakarta pada oktober mendatang, atau dilakukan pertahap?

Jika dilakukan pertahap, maka besar kemungkinan NKRI dilantik secepatnya atau paling lambat pada bulan Mei 2017. Setelah putusan MK, tahapan selanjutnya adalah komisi pemilihan umum (KPU) akan menetapkan NKRI sebagai pasangan calon terpilih.

Pleno penetapan ini rencananya digelar pada Jumat (7/4) mendatang, selanjutnya KPU menyerahkan ke DPRD Provinsi Gorontalo untuk paripurna penetapan gubernur terpilih dan pengantar ke Kementerian Dalam Negeri.

Jika telah diusulkan ke Kemendagri, tinggal menunggu waktu pelantikan. Proses ini bisa berlangsung selama bulan April ini, sehingga pelantikan bisa dilakukan pada bulan Mei.

[Baca: SELAMAT! Pasangan NKRI Menangkan Sidang MK]

“Pelantikan itu Mei, karena proses setelah MK sampai diusulkan ke Kemendagri itu juga memakan waktu. Pelantikan Mei berarti pelantikan calon terpilih ini dilakukan serentak namun bertahap,”ujar sumber Gorontalo Post.

Tahap terakhir adalah DKI Jakarta, karena masa jabatan mereka akan habis pada oktober 2017. Jika dilakukan Mei, makan Gorontalo akan bersamaan dengan Sulawesi Barat, Bangka Belitung dan Banten.

Rencana pelantikan pada bulan mei 2017 juga pernah diutarakan Gubernur Gorontalo terpilih Rusli Habibie. Ia mengaku telah bertemu Dirjen Otonomi Daerah Sony Sumarsono, yang menyatakan jika pelantikan bisa dipercepat pada bulan April atau Mei.

Sebab, Gorontalo adalah daerah yang tidak bersengketa Pilkada, atau sengketanya tidak memakan waktu lama di MK.  (jdm/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar