Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah Anggaran Terbuang Percuma, BUMD Diminta Dievaluasi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Jumat, 16 April 2021 | 08:05 AM Tag: ,
  Anggota DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie

Hargo.co.id, GORONTALO – Keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Gorontalo Utara (Gorut) diminta untuk dapat dievaluasi secara keseluruhan. Alasannya, agar uang daerah yang digunakan tidak terbuang percuma. 

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Gorontalo Utara, Ridwan R. Arbie saat dimintai tanggapannya terkait dengan keberadaan BUMD yang ada di daerah ini. Ridwan R. Arbie menegaskan bahwa bupati sebagai pemegang saham terhadap BUMD baik itu PUDAM maupun Tinelo Lipu harus dievaluasi. 

“Evaluasi tersebut penting untuk dilaksanakan agar dapat mengetahui dengan jelas kondisi sebenarnya dari BUMD yang ada,” ungkapnya.

Selama ini bukan sedikit uang daerah yang digunakan untuk memodali BUMD dan juga terhadap biaya operasional lainnya. 

“Namun sampai sejauh mana proses pengelolaan saham yang diberikan oleh daerah, itu tidak diketahui dengan jelas,” tegasnya.

Lalu bagaimana dengan evaluasi yang dilakukan secara rutin terhadap pengelolaan BUMD tersebut, apakah ada hasilnya?.

“Berbicara mengelola perusahaan, itu harus dilakukan dengan profesional. Jika memang dari hasil evaluasi ada kendala, maka apa yang dilakukan terkait kendala tersebut? harus ada solusi yang tepat terhadap permasalahan yang ada, agar uang daerah tidak rugi terbuang percuma,” tandasnya. (abk/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar