Selasa, 29 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah Covid-19, Bupati Pohuwato Tutup Pasar Mingguan

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi Headline Kab. Pohuwato , pada Sabtu, 28 Maret 2020 | 14:15 WITA Tag: ,
  Ilustrasi. Pasar tradisonal yang beroperasi perminggu mulai ditutup di Pohuwato guna mencegah penyebaran Covid-19. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato, menutup aktivitas pasar mingguan di seluruh wilayah kecamatan di daerah ini. Kebijakan ini tertuang dalam surat pemberitahuan Bupati Pohuwato nomor 100/370/Pem, tertanggal 27 Maret 2020.

“Pelaksanaan pasar mingguan di seluruh wilayah Pohuwato ditiadakan sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Sementara untuk pasar harian tetap beroperasi sebagaimana biasa,” bunyi poin tiga surat pemberitahuan yang ditandatangani langsung Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga.

BACA  Banjir Pohuwato, Seorang Lansia Meninggal Dunia Terseret Arus

Penutupan aktivitas pasar mingguan itu dilakukan terkait upaya pemerintah daerah mencegah penyebaran Covid-19. Pasar dinilai mengundang kerumunan massa yang dikhawatirkan menjadi tempat penyebaran Covid-19. Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperindag kabupaten Pohuwato, Irfan Lalu, kepada Gorontalo Post mengatakan pasar-pasar tersebut meliputi seluruh pasar mingguan yang ada di Pohuwato.

BACA  Kasus Positif Covid-19 di Inggris Naik 167 Persen sejak Akhir Agustus

“Mulai dari pasar Molosipat, pasar Popayato, kemudian pasar Randangan, pasar Taluditi itu ada dua yakni Kalimas dengan Malango, pasar Patilanggio, Marisa, Paguat, dan pasar Dengilo, semuanya ditutup,” ujarnya.

Pemda Pohuwato kata Irfan tidak memberikan kompensasi untuk para pedagang. Mengingat bahwa pasar harian masih tetap ada. Ia mengklaim, masyarakat tidak akan kelabakan dalam memenuhi kebutuhan harian, sebab pasar harian di Marisa, tetap beroperasi.

BACA  Kabar Gembira! Scoot Bakal Buka Dua Penerbangan Baru ke Indonesia

“Kenapa pasar mingguan ditutup, karena pasar mingguan itu kan menghadirkan pedagang dari luar kabupaten Pohuwato. Makanya kita lebih fokus pada penutupan pasar mingguan,” ujar Irfan. (gp/hg


Komentar