Rabu, 20 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah Covid-19 pada Hari Pemilihan, KPU Klasifikasi Tiga Kelompok

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline KPU , pada Sabtu, 21 November 2020 | 22:05 WITA Tag: , ,
  Komisioner KPU RI, Viryan Azis. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna mencegah penyebaran Covid-19 pada hari pemilihan 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan hadirkan 12 hal baru di Tempat Pemungutan Suara (TPS). 12 hal baru tersebut akan diklasifikasikan menjadi tugas kelompok.

Menurut Komisioner KPU RI, Viryan Azis, kelompok pertama yakni Kelompok Pemilih. Dirinya lantas membeberkan apa-apa yang harus dilakukan oleh pemilih ketika datang ke TPS.

Mulai dari memakai masker, datang sesuai waktu yang sudah disarankan agar dapat meminimalisir kerumunan, membawa pulpen sendiri dan terakhir yakni datang ke TPS dengan komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan.

BACA  DKPP Berhentikan Arief Budiman dari Jabatan Ketua KPU

“Itu kelompok pertama. Untuk kelompok kedua, yakni Kelompok Penyelenggara. KPU sudah membatasi usia Badan Ad Hoc sesuai rekomendasi Gugus Tugas dan Kementerian Kesehatan. Berikutnya, KPU tak merekrut jajaran KPPS yang memiliki kondisi penyakit yang komorbid. Ini demi kebaikan yang bersangkutan,” jelas Viryan Azis ketika menjadi narasumber pada acara Podcast Lantai4 yang disiarkan melalui youtube Hargo Channel.

Berikutnya, hanya petugas KPPS yang sudah menjalani rapid test dengan hasil non reaktif yang boleh bertugas. Selanjutnya, KPPS menggunakan tiga Alat Pelindung Diri (APD) yakni sarung tangan, masker dan pelindung wajah.

BACA  Hajatan Libatkan Orang Banyak, Harus Seizin Bupati/Walikota

Kelompok ketiga yakni Kelompok Areal TPS. Disiapkan sarana cuci tangan di pintu masuk dan keluar TPS. Juga disiapkan thermometer guna mengukur suhu badan pemilih. Jika di atas 37,3, maka penyelenggara menyiapkan bilik tersendiri.

“Yang bersangkutan tidak perlu berkumpul seperti pemilih lainnya. Yang bersangkutan langsung gunakan hak pilihnya, dan langsung pulang guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Guna mengetahui apakah yang bersangkutan terinfeksi Covid-19 atau tidak,”

Areal dalam TPS sudah diatur dengan jarak minimal 1 meter. Seperti kursi tunggu dan sejenisnya. Setiap pemilih diberi sarung tangan plastic satu kali pakai. Tinta yang digunakan tidak lagi di celup, namun diteteskan.

BACA  Polsek Boliyohuto Terus Mengimbau Warga Agar Patuhi Protokol Kesehatan

“Hal-hal ini kita lakukan untuk menjamin hak pilih warga negara di masa pandemi Covid-19. Mudah-mudahan komitmen kita sama. Kalau ini semua terjadi, maka 9 Desember 2020, kita bisa mempertontonkan kepada publik, bukan hanya partisipasi pemilih ke TPS, namun kehadiran pemilih dengan disiplin protokol kesehatan Covid-19. KPU berhasil memberi contoh meskipun dalam sehari tentang disiplin protokol kesehatan. (hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar