Jumat, 18 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah DBD, Asrama Haji Mulai di Fogging

Oleh Aslan , dalam Headline Metropolis , pada Selasa, 15 Agustus 2017 | 09:31 WITA Tag: , ,
  Salah seorang petugas KKP Gorontalo saat melakukan fogging untuk membasmi nyamuk demam beradar yang dikhawatirkan mmenyerang para calon jamaah haji, yang akan segera menempati Asrama Haji Gorontalo, senin (14/8) (F. Yudhistirah Saleh/ Gorontalo Post)


GORONTALO Hargo.co.id – Jelang masuknya para jamaah calon haji ke Asrama Haji Gorontalo, Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Gorontalo melakukan fogging atau pengasapan di seluruh kompleks Asrama Haji Gorontalo, kemarin, Senin (14/8).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit dan gigitan nyamuk demam berdarah dengue (DBD) kepada para calon jamaah haji yang rencananya akan menjadikan asrama haji Gorontalo sebagai tempat tinggal sementara sebelum pemberangkatan menuju tanah suci Mekkah nanti.

BACA  Dipuji Bersuara Merdu, Malah Tikam Teman Sendiri 

Ditemui Gorontalo Post usai pelaksanaan fogging, Kepala Seksi Pengendalian Resiko Lingkungan dan Kesehatan Wilayah, KKP Kelas III Gorontalo, Syarif Katili, mengatakan, langkah yang dilakukan ini adalah dengan menyemprotkan anti serangga ULV (Ultra Low Volume) dan fogging atau pengasapan.

Fogging dilakukan di setiap sudut ruangan mulai dari kamar yang akan di tempati calon jamaah haji, kamar mandi, tempat kesehatan, selokan, tong sampah hingga dapur umum. Sedangkan penyemprotan ULV lebih banyak dilakukan di luar ruangan.

BACA  Diduga Terkait Narkoba, Warga Moodu Ditangkap Polisi

Selain itu petugas KKP juga melakukan sanitasi di tempat sampah/tandon air, selokan, dapur umum dan lingkungan lainnya. “Kami juga akan menabur bubuk abate di seluruh selokan yang ada di sekitar Asrama Haji Gorontalo, karena fogging hanya bisa membunuh nyamuk dewasa saja, sedangkan di sekitar selokan kami temukan banyak terdapat jentik-jentik nyamuk,” ujarnya.

BACA  Hujan Deras Guyur Kota Gorontalo, Sejumlah Jalan Tergenang Air

Lebih lanjut Syarif mengatakan, selain di Asrama Haji Gorontalo, fogging juga dilakukan di bandara lama Jalaludin Gorontalo yang nantinya akan digunakan sebagai tempat transit para calon jamaah haji berangkat.

Kota Gorontalo sendiri merupakan salah satu daerah yang termasuk zona rawan penyebaran demam berdarah, makanya kita melakukan antisipasi atau pencegahan terlebih dahulu,” tandasnya.(tr-45/hg)

 


Komentar