Kamis, 22 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah Klaster Perkantoran, 100 ASN Pemprov Jalani Swab Test

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 1 Oktober 2020 | 18:05 WITA Tag: , ,
  Sistem Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Syukri J. Botutihe mengikuti tes usap deteksi Covid-19, yang dilaksanakan di kompleks kantor gubernur, Rabu (30/9). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id GORONTALO – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo kembali melakukan swab test terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemprov Gorontalo. Kali ini, diikuti 100 ASN terdiri dari para pejabat eselon II, III, IV dan sejumlah sekretaris pribadi (Sespri) pimpinan di kantor gubernur, Rabu (30/9/2020).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole, tujuan pelaksanaan swab test ini mendeteksi ASN yang terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Pemprov Gorontalo.

”Tujuannya ingin mengetahui apakah karyawan ataupun pegawai di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo ini dalam keadaan terpapar atau tidak. Intinya untuk memutus rantai penyebaran karena memang klaster perkantoran akhir akhir ini sudah cukup banyak yang terpapar,” ungkap Misranda.

BACA  Wisuda di Tengah Pandemi, UNG Terapkan Sistem Drive Thru

Ia mengungkapkan, dari beberapa dinas yang telah melakukan swab test, didapati berapa orang yang terpapar Covid-19.
Ia pun memberikan contoh, seperti Dinas Kesehatan yang dipimpinnya. Dari kurang lebih 200 pegawainya yang mengikuti swab pertama, terdapat 30 orang yang positif corona. Begitu juga dengan OPD lainnya yang telah melakukan tes usap, sudah diketahui berapa jumlah yang terpapar.

BACA  Pertahankan Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19, Ini yang Dilakukan Pemprov

”Jadi dengan melihat bertambahnya jumlah yang positif ini sehingga kami diperintahkan untuk secara masif melakukan swab test, dan insya Allah satu minggu ke depan akan terjadwal seluruh OPD di lingkup Pemprov Gorontalo akan dilakukan swab test,” urai Misranda.

Lebih lanjut Misranda menguraikan, beberapa OPD bahkan ada yang melakukan permintaan untuk dilakukan tes usap bukan saja pada ASN, namun hingga ke petugas keamanan dan petugas kebersihan kantor. Ia berharap dengan tes usap, semua bisa diketahui ada yang terpapar dan yang tidak. ”Kalau kita tidak melakukan swab tes ini, kita tidak akan tahu ada yang sudah terpapar, sementara dia masih jalan-jalan dan sudah terkontaminasi dengan kita. Insyaallah dengan swab ini akan ketahuan,” pungkas Misranda.(HARGO)

BACA  Masih Banyak yang Tak Percaya Covid-19, Doni Monardo : Tantangan Pemerintah

#IngatPesanIbu

Memakai Masker

Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan

Mencuci Tangan dengan Sabun


Komentar