Kamis, 4 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cegah Teroris di Gorontalo, Ini yang Digandeng BNPT dan FKPT

Oleh Zulkifli Tampolo , dalam Advertorial , pada Kamis, 27 September 2018 | 18:47 WITA Tag: ,
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Guna menanggulangi bahaya teroris di Goorntalo, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menggandeng semua pihak di tingkat bawah.

Informasi yang berhasil dihimpun, BNPT dan FKPT memberi penguatan kepada aparatur kelurahan dan desa, dalam pencegahan teroris di Masjid Baitul Izza, Kelurahan Dutulunaa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo pada Kamis (27/09/2018).

BACA  Gubernur Gorontalo Minta Siskamling Diaktifkan Kembali, Ini Alasannya

Menurut Kolonel Rahmad Suhendro, salah seorang pemateri dari BNPT, menegaskan bahwa terorisme di Indonesia khususnya yang ada di daerah harus diberantas. Bahkan bibitnya tak boleh dikembangkan.

“Sehingga itu peran dari aparat desa, kelurahan, sampai dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus bersatu. Aparat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, harus siap untuk mencegah paham radikalisme berkembang di desa atau kelurahan,” ujarnya.

BACA  Wagub Cek Kesiapan Lahan Pembangunan Secaba dan Pesantren Internasional Gorontalo

Menariknya, pada acara ini, muncul usulan gar dibentuk Satgas anti terorisme pada setiap kelurahan atau desa.

Kasubdit Pengamanan di FKPT ini, menambahkan bahwa, yang harus dilakukan oleh aparat desa adalah, bagiamana bisa menumbuhkan kebersamaan, dan juga selalu menjaga lingkungan.

“Kalau di daerah kita aman dari terorisme, maka akan mudah investasi masuk. Saya berharap juga sinergitas, dan kebersamaan menjadi paling penting dalam pencegahan Terorisme,” ungkapnya.

BACA  Idris Rahim: Anggaran Pemerintah untuk Kepentingan Masyarakat

Sementara itu, Ketua FKPT Provinsi Gorontalo, Drs. Abdullah Hayati, mengatakan, penguatan dari aparatur kelurahan dan desa ini sangat penting untuk mencegah terorisme.

“Kalau sudah dicegah dari desa dan kelurahan, dengan sinergitas semuanya, maka teroris tidak akan tumbuh,” kata Mantan Wakapolda Gorontalo ini. (adv/wan/hg)


Komentar