Selasa, 24 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cetak Generasi Emas Melalui Kampung KB 

Oleh Berita Hargo , dalam Kab. Pohuwato , pada Jumat, 21 September 2018 | 11:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemda Pohuwato melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) melaksanakan Pencanangan Kampung KB di Desa Bulangita, Kecamatan Marisa.

Sekretaris Daerah Djoni Nento dalam sambutannya menyampaikan pesan dan amanat dari Bupati Syarif Mbuinga. Dimana Kampung KB ini tidak saja merupakan satu acara ceremonial. Namun yang paling penting dari kegiatan ini yakni ada kesinambungan.

“Perlu ditindaklanjuti oleh Dinas teknis dan Dinas terkait apa yang termaktub maupun yang masuk lingkup di dalam Kampung KB. Kesiapan Pemerintah Desa juga penting karena ini pencanangan dimana Desa Bulangita sebagai pilot project di Kecamatan namun harapan kami Desa lain juga akan mengikuti,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa program KB ini sudah ada sejak pemerintahan orde baru. Hanya saja diakuinya pada pasca otonomi daerah program ini mengalami penurunan performa.

“Karena memang beberapa aparatur yang ada di BKKBN itu terdistribusi di dinas jabatan yang ada sehingga terjadi kekurangan tenaga kerja. Namun kekurangan ini bukan menjadi kendala akan tetapi ini menjadi satu tantangan dan menjadi peluang untuk kita kembali menata bagaimana program KB di Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato,” tambah Sekda Djoni.

Sementara itu Kepala DP3AP2KB Pohuwato, Toni Mopangga dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan kampung KB penting sekali untuk bagaimana membangun satu desa itu bisa setara dengan desa-desa yang sudah maju dan berkembang. Serta membangun generasi emas di Kabupaten Pohuwato.

“Banyak kegiatan program yang bermitra dengan lintas sektor yang perlu kita dorong di dalam kampung KB itu sendiri. Hal yang paling penting sekali di dalam kampung KB ini adalah kita bisa mewujudkan generasi emas di tahun 2045, melalui program jangka panjang ini.

Sudah tahun ke 3 untuk Kabupaten Pohuwato kita melaksanakan program ini, dan Alhamdulillah di Gorontalo, Pohuwato merupakan daerah yang sudah lebih dahulu menjadwalkan program kampung KB ini,” pungkasnya. (mg01/gp/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar