Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Coba Cek Kotoran Telingamu Sekarang!

Oleh Berita Hargo , dalam Headline , pada Rabu, 8 Maret 2017 | 09:18 AM Tag:
  

Hargo.co.id– Kehadiran cairan di telinga yakni serumen yang biasa kita sebut kotoran telinga memiliki banyak fungsi. Salah satunya menjaga agar debu dan bakteri tidak masuk terlalu dalam ke lubang telinga.

Selain itu, kita bisa mengetahui kondisi kesehatan dari kotoran telinga. Berikut ini kaitan antara kotoran telinga dan kaitannya dengan kesehatan Anda, seperti dilansir laman MSN:

1. Bersisik

Anda tidak sakit. Anda hanya semakin tua. Seiring bertambahnya usia, lilin telinga cenderung lebih banyak menyerupai seperti serpihan.

Anda tidak perlu panik. Kelenjar pada umumnya cenderung kering seiring bertambahnya usia.

2. Memiliki bau yang kuat

Anda mungkin memiliki infeksi atau kerusakan di bagian tengah telinga Anda. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah gejala yang disebut sebagai otitis media kronis. Salah satu gejala tersebut adalah telinga Anda bisa berbau busuk.

3. Berair dan memiliki warna kehijauan

Jika Anda berkeringat, maka debit berair dari telinga Anda mungkin adalah hasil dari keringat yang masuk ke dalam dan bercampur dengan lilin.

Tapi jika Anda tidak berkeringat dan lilin telinga Anda tetap berair dan berwarna kehijauan atau kuning gelap, maka hal ini bisa menunjukkan infeksi telinga.

4. Lengket atau kering

Hal ini bisa memberikan petunjuk atas genetik Anda. Penelitian yang muncul dalam jurnal Nature Genetics menemukan kebanyakan orang Asia biasanya memiliki kotoran telinga kering, sementara orang-orang keturunan Afrika atau Eropa memiliki kotoran lengket atau basah.(fny/jpnn/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar