Kamis, 14 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



COVID-19 Kembali Mengamuk di Tanah Kelahiran, Tiongkok Mulai Kewalahan

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 12 Januari 2021 | 11:05 WITA Tag: ,
  Sejumlah warga memakai masker saat berjalan menuju stasiun bawah tanah kereta subway di Kota Beijing, China, Selasa (21/1/2020). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee/wsj


Hargo.co.id, BEIJING – COVID-19 kembali beraksi di tanah kelahirannya. Ya, sejak pekan lalu, jumlah infeksi baru di Tiongkok telah meningkat ke level paling tinggi dalam 5 bulan terakhir.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mengatakan, 82 dari total 85 kasus infeksi lokal yang dilaporkan pada Minggu (10/1) kemarin, terjadi di Provinsi Hebei. Selain itu, Provinsi Liaoning juga melaporkan dua kasus dan Beijing satu kasus.

BACA  Penyintas Covid-19 Jangan Anggap Bebas dari Virus

Ditambah 18 kasus impor, jumlah total 103 kasus baru yang dilaporkan kemarin merupakan yang tertinggi di Negeri Panda sejak akhir Juli lalu.

Meski kasus baru COVID-19 dalam beberapa hari terakhir masih merupakan bagian kecil dari puncak wabah yang terjadi pada awal 2020, otoritas secara agresif sigap membatasi penyebaran penyakit guna mencegah gelombang baru pandemi.

BACA  Virus Baru Covid-19 Muncul, Begini Penjelasan Satgas

Shijiazhuang, ibu kota Hebei sekaligus episentrum wabah baru di provinsi tersebut, telah menerapkan lockdown. Kendaraan dilarang meninggalkan kota tersebut dan layanan transportasi umum juga dihentikan.

Komisi juga mencatat 76 pasien OTG baru, peningkatan dari 27 kasus sehari sebelumnya. Tiongkok tidak menandai pasien OTG, yang terinfeksi virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit tersebut tanpa menunjukkan gejala COVID-19, sebagai kasus terkonfimasi.

BACA  Ini Daftar Nama yang Divaksin Bareng Presiden Jokowi

Hingga kini Tiongkok daratan telah mengkonfirmasi total 87.536 kasus COVID-19, dengan jumlah kematian yang tidak berubah yakni 4.634.(ant/dil/jpnn/hg)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “COVID-19 Mengamuk di Tanah Kelahiran, Tiongkok Mulai Kewalahan“. Pada edisi Selasa, 12 Januari 2021.

Komentar