Sunday, 26 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Cuaca Tak Menentu, BNPB Kabupaten Gorontalo Imbau Warga Tetap Waspada

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Thursday, 9 September 2021 | 21:05 PM Tags: ,
  Ilustrasi. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wilayah Gorontalo termasuk wilayah dalam kewaspadaan dini yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hal itu diumumkan dalam laman resmi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa ini bisa akan terjadi akibat perubahan cuaca yang mengakibatkan terjadinya hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat.

BMKG merilis perubahan cuaca yang berpotensi hujan yang disertai petir itu diperkirakan akan terjadi selang waktu tiga hari, dari 9 sampai 11 September 2021.

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman resmi BMKG, terdapat beberapa wilayah yang akan terjadi potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat. Diantaranya, wilayah Kota Gorontalo, Suwawa, Tibawa, Bone Raya, Pinogu, Kabila Bone dan sekitarnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku menyampaikan imbauannya terkait potensi terjadinya hujan kepada masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Gorontalo untuk tetap waspada.

“Saat ini kita sedang menghadapi kondisi curah hujan intensitasnya terus tinggi. Sehingga tetap perlu waspada,” ungkap Sumanti.

Sumanti juga mengatakan pada saat yang sama terjadi penyimpangan atau anomali iklim. Sehingga perlu memastikan tidak melakukan aktivitas di lokasi-lokasi yang potensial terjadi banjir dan longsor.

“Termasuk batas aktivitas di perairan. Sehingga bisa meminimalisir terjadi bahaya dan resiko yang bisa mengancam jiwa dan keselamatan masyarakat jika terjadi kondisi yang sangat berbahaya maka segera melaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” tandas Sumanti Maku. (*)

Penulis: Herman Abdullah

(Visited 31 times, 1 visits today)

Komentar