Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Curah hujan Tinggi, Stok Minim, Harga Barito Naik

Oleh Berita Hargo , dalam Ekonomi , pada Rabu, 10 Januari 2018 | 10:30 AM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Musim hujan yang melanda Gorontalo dalam beberapa pekan terakhir kini mulai berimbas pada ketersediaan stok bawang rica dan tomat (Barito) di pasaran. Hingga kini pasokan Barito ke pasar masih sangat terbatas.

Kondisi ini pun langsung memperngaruhi harga Barito. Para pedagang mengaku terpaksa harus menaikan harga disebabkan harga Barito di tingkat petani dan pemasok ikut naik akibat sedikitnya stok.

Sebagaimana pantauan Gorontalo Post, Selasa (9/1), harga rica di pasaran dibanderol Rp 50 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp 30 ribu, tomat Rp 7-10 ribu per kg dari Rp 2-4 ribu, bawang merah Rp 30 ribu per kg dari Rp 20 ribu per kg.

Anto, salah seorang pedagang di Pasar Liluwo mengatakan, harga Barito naik disebabkan cuaca saat ini yang terus diguyur hujan. “Ini menyebabkan pasokan ke pasar kurang, jadi harga naik,” katanya.

Meli, pedagang lainnya di pasar tradisional juga mengungkapkan hal yang sama. “Sejak beberapa hari ini stok mulai kurang dan harga di pemasok naik, jadi kami pedagang ikut menaikan harga jual Barito,” ungkapnya.

Dalam sepekan, Meli mengaku hanya memperoleh stok sedikit, diantaranya rica hanya sebanyak 30 kg, tomat 20 kg dan bawang merah 50 kg. “Biasanya stok yang saya dapat lebih dari itu,” ujarnya.(dan/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar