Curi Freezer Box, Tiga Pemuda Popayato Diringkus Polisi

Tiga orang pelaku pencuri rreezer box berhasil diringkus Polsek Popayato. Insert: Barang bukti yang disembunyikan di semak-semak. (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Polsek Popayato meringkus tiga pemuda yang diduga mencuri satu unit freezer box. Kasus ini dilaporkan oleh Paijan (37), warga Desa Bumi Bahari, Kecamatan Popayato.

Informasi yang berhasil dihimpun, semula freezer box tersebut berada pada salah satu kantin di SMK Negeri 1 Popayato pada Senin (07/10/2019) sekitar pukul 06.10 Wita. Usai menerima laporan tersebut, pihak Polsek Popayato langsung mendatangi tempat kejadian dan melakukan penyelidikan.

Hasilnya, personel piket Polsek Popayato yang terdiri dari Aipda Saefudin Arsyat, Bripda Zaenal dan lainnya, mendapatkan satu unit freezer box yang disembunyikan di semak-semak. Jaraknya, kurang lebih 50 meter dari tempat kejadian.

Barang bukti tersebut tidak langsung diambil, akan tetapi personel Polsek Popayato masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu siapa pelaku dari kasus pencurian tersebut. Sekitar pukul 06.45 Wita, Polisi mendapatkan informasi dari masyarakat, dimana pelaku berjumlah empat orang.

Informasi tersebut, dilakukan penyelidikan lebih mendalam dan personel Polsek mendapati salah satu rumah pelaku yang bernama RN (19), warga Desa Bumi Bahari, Kecamatan Popayato. Berdasarkan informasi itu, personel Polsek langsung mendatangi rumah RN.

Ketika berada di rumah RN, ternyata pelaku lainnya EH (23), warga Desa Popayato, Kecamatan Popayato dan AH (19), warga Desa Bukit Tingki, Kecamatan Popayato, sedang tertidur pulas di kamar RN.

Personel Polsek Popayato kemudian membangunkan ketiganya dan langsung dilakukan interogasi. Mereka lantas mengakui telah melakukan pencurian. Atas pengakuan itu, ketiganya sekitar pukul 07.00 Wita, langsung dibawa dan diamankan di Polsek Popayato. Setelah itu, personel Polsek Popayato kemudian mengambil barang bukti yang sebelumnya sudah diketahui keberadaannya.

Kapolsek Popayato, Ipda Ali Hairudin,SH,S.Ip ketika diwawancarai mengatakan, pelaku berjumlah empat orang dan yang telah diamankan baru tiga orang, karena yang satunya lagi yakni R, yang merupakan warga Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), sudah terlebih dahulu pulang ke daerahnya.

“Pelaku R, saat ini masih dalam pengejaran anggota kami. Sedangkan yang tiga orang lainnya, sudah kami amankan beserta barang bukti. Kami pun belum menetapkan ketiganya sebagai tersangka, karena rencananya masih akan dilakukan gelar perkara terlebih dahulu,” ungkapnya.

Lanjut kata mantan Kapolsek Randangan ini, para pelaku melakukan aksinya sekitar pukul 04.30 Wita, dengan cara mendatangi tempat kejadian dan mencongkel pintu belakang kantin. Kemudian para pelaku mengangkat satu unit freezer box tersebut ke semak-semak dan akan diambil setelah suasana aman.

“Atas kejadian ini, korban mengalami kerugian kurang lebih Rp 3 juta. Selanjutnya, kami masih akan melakukan pengembangan lebih lanjut dan masih melakukan pengejaran terhadap satu orang pelaku lainnya yang diduga sebagai otak dari kasus dugaan pencurian ini,” pungkasnya. (kif/hg)

-