Sabtu, 23 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Daerah Branding Jagung Harus Berinovasi Pemutakhiran Alat dan Fasilitas

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 8 Oktober 2021 | 07:05 AM Tag: ,
  Kepala Dinas Pertanian Gorontalo Utara (Gorut), Kisman Kuka

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebagai daerah dengan branding jagung, harusnya Gorontalo Utara (Gorut) sudah mulai melakukan langkah pemutakhiran atau melakukan inovasi terhadap alat pendukung untuk meningkatkan produksi atau lainnya. 

Hanya saja untuk kondisi saat ini kata Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Gorontalo Utara, Kisman Kuka yang masih pandemi Covid-19, tentu dari sisi anggaran semuanya serba terbatas. Bagi Kisman, tidak hanya persoalan bibit jagung dan juga pupuk yang perlu diperhatikan. 

“Namun terhadap fasilitas penunjang lainnya juga harus diperhatikan sebagai bentuk dukungan,” ungkapnya.

Seperti halnya untuk keberadaan lantai jemur kata Kisman yang tentunya merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh para petani. 

“Dalam hal ini minimal setiap kelompok tani memiliki lantai jemur sendiri yang lengkap dengan pelindungnya,” kata Kisman.

Agar ketika kegiatan menjemur dilakukan, kemudian tiba-tiba hujan, para petani langsung dapat melindungi hasil panen mereka tanpa sibuk mengangkat lagi untuk diletakan di tempat yang aman. 

“Disisi lain dengan adanya lantai jemur, para petani tidak lagi sibuk-sibuk membawa hasil panen mereka kemana-mana untuk dijemur pada lantai jemur,” jelasnya.

Selain lantai jemur, Kisman menegaskan bahwa harus juga tersedia fasilitas dryer, karena ini juga sangat dibutuhkan. 

“Apalagi ketika musim hujan, sehingga para petani walaupun kondisi hujan dapat mengeringkan hasil panen mereka untuk menurunkan kadar air,” tegasnya.

Sehingganya pemutakhiran alat tersebut sangat diperlukan dan Kisman berharap itu dapat dilakukan ke depan. 

“Dan yang pasti akan disesuaikan dengan ketersediaan dan kemampuan anggaran yang ada,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar