Jumat, 15 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Daftar Kejahatan Pelaku Teror Berlin, Mantan Napi dan Terkait ISIS

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 23 Desember 2016 | 12:20 WITA Tag: , ,
  


 

BERLIN, Hargo.co.id – Teror truk yang merenggut 12 nyawa pada Senin (19/12) tidak menciutkan nyali warga Kota Berlin. Rabu waktu setempat (21/12) pasar natal Breitscheidplatz di Distrik Kurfuerstendamm yang menjadi sasaran aksi maut itu kembali buka. Lilin, bunga, dan bendera menghiasi altar yang memang dibuat di sana untuk menghormati para korban.

’’Saya rasa, membuka lagi pasar natal setelah aksi teror Senin lalu adalah ide yang sangat bagus. Itu menunjukkan bahwa kita kuat,’’ kata Sema Ozcan, penduduk Berlin asal Turki. Aktivitas di pasar Natal memang masih relatif sepi.

BACA  Soal Varian Baru Covid-19, Ini Aturan dari Satgas

Tetapi, sebagian besar pedagang sudah membuka kembali kios. Beberapa di antara mereka memasang tulisan ”Kami sedih’’ di kios dan menyalakan lilin di depannya.

Bersamaan dengan bangkitnya semangat merayakan Natal warga Berlin, polisi melipatgandakan pengamanan. Polisi bersenjata dan polisi antihuru-hara lengkap dengan tameng terlihat berpatroli di pusat-pusat keramaian Berlin.

Pemandangan yang sama terlihat di kota-kota besar yang lain. Selain patroli, polisi melakukan razia di sejumlah lokasi. Salah satu di antaranya, Kota Dortmund.

BACA  Ogah Lengser, Trump Ngotot Tekan Pejabat Georgia Batalkan Hasil Pemilu

Di kota itu polisi menggeledah beberapa rumah. Kuat dugaan, Anis Amri yang diyakini sebagai pelaku teror berasal dari kota tersebut. Mengutip Jubir kantor jaksa federal, surat kabar Bild melaporkan bahwa polisi menangkap empat orang yang kenal atau pernah berkomunikasi dengan Amri di Dortmund.

Tetapi, berita itu dibantah oleh sang Jubir kantor jaksa federal.

Kemarin razia juga terjadi di pusat penampungan imigran di Kota Emmerich. Di kota yang berada di barat Jerman itu, Amri pernah tercatat sebagai penduduk pada tahun lalu. Selain itu, polisi menggeledah beberapa properti di sejumlah alamat di Berlin. Selain melakukan penggeledahan, polisi menginterogasi beberapa warga yang mengenal Amri.

BACA  Tegas!, RI Tak Akan Buka Hubungan dengan Israel

Di lokasi kejadian, investigasi berhasil menemukan bukti baru. Setelah kartu identitas Amri yang tergeletak di kabin truk, kini polisi mendapati beberapa sidik jari di pintu kendaraan niaga pengangkut tiang baja tersebut. Polisi yakin sidik jari itu milik Amri. Tetapi, pemeriksaan lanjutan masih berlangsung.

Laman: 1 2


Komentar