Senin, 12 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



DAMAI Jawab Tuntutan Warga Paguyaman Pantai 

Oleh Fajriansyach , dalam Kab. Boalemo , pada Selasa, 30 Oktober 2018 | 11:00 WITA Tag:
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Satu lagi janji pemerintahan Darwis-Anas (DAMAI) bagi elemen masyarakat Kecamatan Paguyaman Pantai (Pagpai) mulai direalisasikan. Janji ini berupa pembangunan ruas jalan Bubaa-Bangga yang merupakan satu-satunya akses menghubungkan dua desa terisolir tersebut.

Menariknya, upaya pembangunan ruas jalan ini oleh pemerintah daerah melalui Dinas PU-PR mengalokasikan hingga miliaran rupiah. Di mana, pembangunannya dianggarkan untuk hotmix sepanjang 2 kilometer dengan lebar 4 meter untuk mata jalan ditambah bahu jalan 2 meter. Jadi total pembangunan untuk lebar ruas mencapai 6 meter.

Tahun ini juga, pemerintah melalui Dinas PU-PR Boalemo baru saja merealisasikan pembangunan hotmix untuk ruas jalan menghubungkan Desa Tenilo. Kadis PU-PR Boalemo Gerson Samin melalui Sekretarisnya Supandra Nur dan Kasie Perencanaan Bidang Bina Marga, Taufiek Mohamad ST menyampaikan langkah pembangunan saat ini memasuki tahap perampungan. Yakni pembangunan dari titik nol di Desa Bubaa hingga memasuki Desa Bangga.

“Jalur ini dulunya baru rintisan dan sulit dilalui kenderaan. Apalagi musim hujan, kondisinya pasti berlumpur. Alhamdulillah saat ini pembangunan hotmix sudah mendekati perampungan dan sudah dimanfaatkan masyarakat setempat,” terang Taufiek.

Dari sepanjang 2 kilometer pekerjaan hotmix itu, terdapat pekerjaan galian tanah untuk kawasan menanjak. Sehingga saat ini rata-rata aksesnya sudah rata. Kenderaan melintas tidak lagi mengalami kesulitan. Adanya pembangunan akses Bubaa-Bangga ini pun setidaknya mendorong roda ekonomi masyarakat Paguyaman Pantai. Menyusul, kawasan desa ini merupakan wilayah penghasil dan pemasok ikan rowa hampir di semua wilayah di Gorontalo hingga luar daerah.

Sementara itu, kalangan masyarakat umumnya di Desa Bubaa dan Bangga kini mengaku bangga dan bersyukur adanya kepedulian penuh Pemkab Boalemo atas kepemimpinan Darwis-Anas (DAMAI). “Baru pemerintahan saat ini (Darwis-Anas) akses jalan langsung dibangun aspal. Kendati sejak dulu, masyarakat sudah menyuarakkan,” ucap para warga setempat.(nrt/gp/hg)


Komentar